7 Fitur Baru WhatsApp yang Diprediksi Rilis di 2020

7 Fitur Baru WhatsApp yang Diprediksi Rilis di 2020

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Aplikasi pesan instan, WhatsApp, terus mengembangkan fiturnya untuk membuat pengguna merasa nyaman dan tetap setia menggunakan platform-nya. Sepanjang 2019, ada banyak bocoran atau uji coba fitur baru yang dikembangkan WhatsApp, namun tidak semuanya dirilis.

Ada kemungkinan besar fitur-fitur tersebut baru akan mereka bawa di tahun 2020, namun belum diketahui waktu perilisannya. Itu sebabnya fungsi anyar yang masih versi beta ini baru bisa dinikmati oleh sebagian kecil pengguna WhatsApp.

Untuk menjawab rasa penasaran apa saja fitur-fitur tersebut, kumparan membuat daftar lengkap dengan penjelasan fungsinya. Berikut tujuh fitur baru WhatsApp yang mungkin akan rilis di 2020.

1. Tampilan Dark Mode

Bagi sebagian pengguna WhatsApp yang menggunakan sistem Android 10 dan iOS 13 mungkin sudah bisa merasakan tampilan Dark Mode. Hal ini bisa dilakukan, karena kedua sistem itu mendukung tampilan gelap dari pengaturan layar bawaan. Lalu, bagaimana yang tidak menggunakan kedua OS tersebut?

Tenang saja, WhatsApp sudah menyiapkan fitur Dark Mode bawaan di aplikasinya. Fitur ini sedang tahap uji coba, dan tampilannya sudah bocor di Internet.

WhatsApp akan menyediakan dua tipe Dark Mode yang berbeda khusus di sistem operasi iOS. Perbedaan ini terletak pada warna latar belakang saat Dark Mode diaktifkan. 

Menurut laporan WABetainfo,untuk tipe pertama, WhatsApp menggunakan dark mode dengan latar belakang hitam pekat, sementara tipe kedua menggunakan abu-abu lebih terang.

2. Fitur Keamanan Face Unlock

Setelah membawa fitur keamanan fingerprint atau sensor sidik jari, WhatsApp diketahui tengah menyiapkan Face Unlock atau pemindai wajah. Face Unlock di WhatsApp akan berfungsi dengan cara yang sama seperti fitur pindai wajah di smartphone pada umumnya. Sayang, belum banyak detail tentang fitur ini yang keluar.

3. Fitur Last Seen untuk Beberapa Teman

WhatsApp dikabarkan bakal mengembangkan lebih jauh fitur "Last Seen"yang sudah ada di platform-nya. Fitur "Last Seen" yang baru nanti akan memungkinkan pengguna untuk memilih sejumlah kecil kontak yang dapat melihat tanda "Last Seen" mereka di WhatsApp.

4. Berbagi Status ke Teman Dekat

Pengguna WhatsApp diharapkan segera mendapatkan opsi untuk memilih siapa saja yang dapat melihat Status mereka di aplikasi. Fungsi ini akan serupa dengan yang diterapkan Instagram Stories bernama 'Close Friends'.

5. Fitur Hapus Pesan Otomatis

WhatsApp saat ini tengah menguji fitur baru yang memungkinkan pesan dapat terhapus secara otomatis. Fitur ini akan tersedia di info kontak atau pengaturan grup dan memungkinkan pengguna menandai obrolan WhatsApp. Dalam pengaturan nantinya, pengguna dapat memilih waktu kedaluwarsa pesan yang mencakup 1 jam, 1 hari, 1 minggu, dan seterusnya.

6. WhatsApp Pay atau Facebook Pay

WhatsApp mungkin juga bakal merilis opsi yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui 'WhatsApp Pay' atau 'Facebook Pay' pada tahun depan. WhatsApp sendiri tengah mengupayakan layanan pembayaran digital mereka untuk masuk ke Indonesia. 

Kabarnya WhatsApp bakal menggandeng sejumlah perusahaan di Indonesia yang juga memiliki alat pembayaran digital untuk membawa WhatsApp Pay.

Menurut laporan Reuters, WhatsApp tengah berada dalam perbincangan lanjutan dengan sejumlah perusahaan keuangan digital seperti GoPay, Dana, hingga Ovo. Kerja sama ini perlu mereka lakukan untuk mengoperasikan WhatsApp Pay di Indonesia.

7. Kirim Pesan ke Instagram dan Facebook Messenger

Sepanjang tahun ini, kabar Facebook akan menggabungkan WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger terdengar keras. Rencana Facebook untuk mengintegrasikan layanan mereka tersebut diungkap pertama kali oleh CEO mereka Mark Zuckerberg pada awal 2019 ini. Kabarnya, proses integrasi akan dilakukan pada 2020 mendatang.

Integrasi ketiga layanan itu akan menjaga masing-masing aplikasinya tetap berfungsi mandiri, tapi nantinya para pengguna bisa berkomunikasi atau berkirim pesan satu sama lain secara lintas platform. Hal ini berarti pengguna dapat menggunakan WhatsApp untuk berbicara dengan orang-orang di Instagram, bahkan ketika mereka tidak menggunakan WhatsApp.

Jadi, fitur baru WhatsApp apa yang paling kamu tunggu?

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews