Waspada! Badai Kammuri di Fillipina Berefek Hingga Kepulauan Riau

Waspada! Badai Kammuri di Fillipina Berefek Hingga Kepulauan Riau

Badai Kammuri yang menghantam Filipina. (Foto: BBC)

Batam - Seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau diprediksi akan berpeluang hujan selama 3 hari ke depan. Peluang terjadinya hujan di wilayah Kepri itu diperkirakan di atas 90 persen.

Kepala Seksi Data Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geogfisika (BMKG) Hang Nadim Batam Suratman mengatakan, dari data yang disampaikannya hari ini, Selasa (3/12/2019) bahwa selain hujan, wilayah Kepri juga akan berpotensi dilanda siklon Badai Kammuri atau yang dikenal di Filipina sebagai Topan Tisoy.

Siklon tropis Kammuri ini menyebabkan terjadinya Storm Surge atau adanya kenaikan muka air laut, badai besar atau topan, serta menimbulkan angin kencang.

Di Kepri, dampak dari Kammuri ini akan menyebabkan potensi timbulnya gelombang tinggi mulai dari 2,5 meter hingga 6 meter di perairan Kepri.

“Potensi gelombang tinggi 2.5-4.0 meter akibat fenomena siklon kammuri di periaran Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna, gelombang 4.0-6.0 meter juga berpotensi terjadi di laut China selatan termasuk Laut Natuna Utara,” ujar Suratman.

Dia mengimbau kepada transportasi laut, darat maupun udara agar berhati-hati dan waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Kepri.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews