Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pemakai Soft Lens

Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pemakai Soft Lens

Ilustrasi

Jakarta - Lensa kontak atau soft lens seringkali digunakan sebagai pengganti kacamata atau sebatas aksesoris. Karena lensa kontak ini bersentuhan langsung dengan mata, maka pemakaiannya pun tidak boleh sembarangan.

dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata sub spesialis lensa kontak sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC menerangkan beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang ketika menggunakan lensa kontak soft lens.

"Orang sering pakai lensa kontak tanpa periksa dulu. Jadi asal pakai saja nggak tahu boleh atau tidak matanya pakai lensa kontak," kata dokter Tri dilansir dari detikcom, Rabu (13/11/2019).

Selain itu, menurut dokter Tri orang seringkali menggunakan lensa kontak asal murah. Terlebih digunakan melebihi batas waktu pemakaian.

"Sering orang pakai lensa kontak yang harusnya cuma buat seminggu malah dipakai untuk sebulan dengan alasan menghemat. Ini nggak boleh soalnya bisa iritasi atau kering," jelas dokter Tri.

Kesalahan lainnya, banyak juga orang yang seringkali lalai menggunakan soft lens dengan membawanya tidur. Menurut dokter Tri, kebiasaan ini bisa berbahaya di kemudian hari.

Dokter Tri menjelaskan, soft lens memiliki daya hantar oksigen yang rendah. Mata dengan keadaan tertutup saja oksigenasinya sudah kurang. Oleh karena itu, pemakaian soft lens saat tidur dapat menyebabkan kekurangan oksigen yang hebat pada mata.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews