Basarnas Kepri Kerahkan Alat Sonar Bantu Pencarian Kapal Tenggelam di Halmahera

Basarnas Kepri Kerahkan Alat Sonar Bantu Pencarian Kapal Tenggelam di Halmahera

Foto: ist

Batam - Pesawat TNI AU, jenis CN 295 dengan nomor seri A2907 telah mengangkut peralatan Basarnas berupa multibeam eco-sounder (MBES) dari kantor SAR Kepulauan Riau melalui Bandara Hang Nadim.

Peralatan tersebut akan digunakan untuk bantuan operasi SAR kapal tenggelam MV Nur Aliya yang tenggelam di perairan Halmahera Maluku Utara.  

Peralatan multibeam eco-sounder merupakan alat yang bekerja seperti sonar yg memancarkan geleombang elektromagnetik, di mana alat ini untuk mendeteksi objek baik berpa barang, logam, manusia di dasar laut dengan tampilan tiga dimensi (3D) dengan jarak jangkauan sampai dengan kedalaman 10 km

"Misi operasi dukungan angkutan udara tersebut adalah misi operasi kemanusiaan TNI AU dan basarnas" ujar Kepala Basarnas Kepri, Mu’min Maulana, Selasa (12/11/2019).

Kadispos Lanud Hang Nadim Batam, Mayor (Lek) Wardoyo menyampaikan bahwa berdasarkan surat permohonan angkutan udara, pihak TNI AU menyiapkan 1 pesawat CN 295. “Pesawat tersebut terbang dari Lanud Halim dan akan diterbangkan sampai Lanud terdekat di Ternate,” ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews