6 Cara Efektif Jaga Ginjal Agar Tubuh Tetap Sehat

6 Cara Efektif Jaga Ginjal Agar Tubuh Tetap Sehat

Ilustrasi

Jakarta - Organ ginjal berperan besar untuk tubuh. Cara menjaga ginjal yang tepat membuat tubuh lebih sehat.

Ginjal yang normal berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh, menyaring racun dalam darah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, dan aktivasi vitamin D. Ginjal juga berfungsi melepas hormon yang mengatur produksi sel darah merah dan menjaga keseimbangan mineral seperti sodium, fosfor, dan potasium.

Mengingat perannya yang besar, maka penting untuk menjaga ginjal tetap sehat dan memastikan organ berfungsi normal. Bagaimana caranya?

1. Menjaga asupan cairan

Asupan cairan untuk tubuh tak boleh kurang, tapi juga tak boleh berlebih. "Berlawanan dengan opini publik, tak ada studi yang membuktikan bahwa konsumsi air dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan fungsi ginjal," ujar ahli ginjal, James Sivon, mengutip situs Cleveland Clinic.

Beri tubuh asupan cairan yang cukup sebanyak 1,5-2 liter air per hari. Cairan akan berfungsi untuk membersihkan sodium, urea, dan racun dalam tubuh. Mereka dengan gangguan batu ginjal disarankan untuk menambah asupan cairan menjadi 2-3 liter per hari.

2. Tetap aktif

Aktivitas fisik ampuh untuk mencegah datangnya penyakit. Namun, aktivitas fisik tak semata olahraga dengan intensitas tinggi.

Anda cukup bergerak aktif lewat aktivitas lain seperti membereskan rumah, mencuci mobil, atau sekadar berkebun. Tubuh yang aktif dapat menurunkan tekanan darah sehingga bisa menjaga kesehatan ginjal.

3. Setop rokok

Banyak ahli menyarankan untuk menghindari kebiasaan merokok karena dampak buruk yang diakibatkannya, termasuk pada ginjal. Merokok bisa menurunkan aliran darah ke ginjal dan membuat fungsi ginjal tak berjalan maksimal.

Hal ini berlaku bagi semua jenis rokok, termasuk vape.

4. Jaga kadar gula darah tetap stabil

Situs resmi World Kidney Day mencatat, separuh orang dengan diabetes berisiko mengalami kerusakan ginjal. Penting untuk rutin melakukan cek kesehatan ginjal, apalagi bagi mereka dengan diabetes.

Sama seperti diabetes, menjaga ginjal tetap sehat juga bisa dilakukan dengan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

5. Kurangi konsumsi garam

Selain tubuh yang aktif, menjaga ginjal tetap sehat juga bisa dilakukan melalui konsumsi makanan. Demi ginjal yang sehat, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi garam. Asupan garam berlebih berkaitan dengan penyakit kardiovaskular, yang bisa berpengaruh pula pada kesehatan ginjal.

6. Hati-hati mengonsumsi obat

Sejumlah obat-obatan umum diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Obat-obatan seperti ibuprofen dan naproxen dapat memengaruhi kesehatan ginjal jika dikonsumsi rutin dalam jangka waktu lama.

Gunakan obat sesuai kebutuhan. Jika Anda memiliki riwayat gangguan ginjal, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews