Hebat! PT Flextronic Serap Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas

Hebat! PT Flextronic Serap Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas

GM PT Flextronics Technology Indonesia Batam, Pune Subramaniam bersama para lulusan SLB yang dipekerjakan di perusahaan tersebut. (Foto: Margaretha Nainggolan/batamnews)

Batam - Belasan lulusan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Batam mendapat kesempatan untuk bekerja di PT Flextronics Technology Indonesia. Hal ini sebagai bentuk perkembangan teknologi yang semakin meningkat. 

Perusahaan yang berlokasi di lot 515 Muka Kuning, kawasan Industrial Batamindo, Kecamatan Seibeduk Kota Batam, Kepulauan Riau ini memberikan kesempatan kerja bagi orang yang berkebutuhan khusus. 

Dengan begitu, membuktikan lulusan SLB tersebut dapat bersaing dengan orang normal lainnya dan diterima bekerja di perusahaan industri. 

General Manager PT Flextronics Technology Indonesia Batam, Pune Subramaniam mengatakan, sebanyak 12 anak istimewa telah resmi bekerja di perusahaan yang dikelolanya.

"Pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia harus dilakukan secara inklusif, artinya siapa saja dan apapun kondisinya berhak mendapat akses ke pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak," ujar Pune ketika ditemui di kantornya, Rabu (23/10/2019).

Kedua belas mantan lulusan SLB Batam ini antara lain, Roy Ferdinansyah, Fonco Jauarko, Eny, Selly, Tiara, Agus, Algar, Jean, Riyanti, Obed, Rina Munthe dan Edo Sirait. Mereka anak-anak istimewa yang menyandang tunarungu.

Tidak hanya diperkerjakan, sebagian dari mereka ada yang langsung diangkat menjadi karyawan tetap (permanen). 

Pihaknya memberikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. 

Aturan itu berisi amanat bahwa perusahaan swasta mempekerjakan 1 persen penyandang disabilitas dari total pekerjanya, sedangkan perusahaan BUMN sebanyak 2 persen. 

"Dengan hal ini, PT Flextronics berkomitmen mewujudkan kesetaraan bagi anak disabilitas, agar dapat berkarir seperti orang awam lainnya," jelasnya.

Tidak hanya perusahaannya, Pune menyebutkan bahwa perusahaan lainnya juga telah memperkerjakan penyandang disabiltas. 

"Jangan dilihat keterbatasannya, tapi dilihat kompetensinya. Berikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas," kata dia. 

Sementara itu salah seorang karyawan yang penyandang disabilitas menyampaikan ucapan terimakasis atas kesempatan diberikan kepadanya untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

"Saya sudah 7 bulan bekerja di perusahaan ini dan sangat senang bisa bertemu dengan teman-teman lainnya, mudah-mudahan kedepan kesempatan bagi kami masih ada," ucapnya. 

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews