Mengenal Kunai, Pisau Ninja yang Dipakai Menusuk Wiranto

Mengenal Kunai, Pisau Ninja yang Dipakai Menusuk Wiranto

Senjata yang digunakan pelaku penyerangan menusuk Wiranto. (Foto: ist)

Jakarta - Menkopolhukam Wiranto diserang pria bersenjata saat kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10/2019). Wiranto dan beberapa orang terluka dalam peristiwa itu, pelaku berhasil ditahan polisi.

Dalam peristiwa itu pelaku diduga menggunakan kunai, atau pisau kecil yang biasa digunakan oleh ninja di Jepang. Di Indonesia, senjata jenis ini banyak dijual di situs-situs online dengan harga beragam, dari puluhan hingga ratusan ribu.

Dari foto yang tersebar, pelaku menggunakan kunai berwarna hitam dengan bulatan di ujung pegangannya. Pada gagangnya terdapat lilitan tali berwarna merah. Pada tangkapan layar video penusukan, pisau bermata dua ini terlihat digenggam pelaku.

Menurut situs ninjaencyclopedia.com yang memuat semua hal tentang ninja, kunai digunakan ninja sebagai senjata dan alat menjalankan misi. Ini adalah senjata ninja paling khas selain shuriken, pisau bintang.

Jika digunakan sebagai alat, menurut ninjaencyclopedia.com, kunai bisa digunakan untuk melubangi tembok karena materialnya dari besi kokoh. Karena dilengkapi tali, kunai bisa digunakan untuk dilempar untuk memanjat bagi ninja.

Karena bentuknya, kunai juga bisa digunakan sebagai sekop tanah. Selain itu, kunai juga bisa memantik api jika dibenturkan dengan besi.

Sebagai senjata, kunai digunakan sebagai pisau kecil tambahan dalam pertempuran. Senjata ini digunakan untuk mengiris atau menikam musuh dalam pertempuran jarak dekat. Untuk pertempuran jarak jauh, kunai bisa digunakan sebagai pisau lempar.

Butuh teknik khusus untuk menggunakan kunai sebagai pisau lempar dan biasanya kurang mematikan. Tapi ninja kerap melumuri mata kunai dengan racun.

Dalam penusukan di Pandeglang, Wiranto dilaporkan terluka di tubuh bagian depannya. Kapolsek setempat juga mengalami luka yang sama.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews