Ingin Jadi Youtuber Sukses? Perhatikan Tiga Hal Ini

Ingin Jadi Youtuber Sukses? Perhatikan Tiga Hal Ini

Ilustrasi

Jakarta - Jika dulu kebanyakan anak-anak bercita-cita jadi dokter, pilot, hingga presiden, kini semakin banyak anak-anak yang bersungguh-sungguh ingin jadi youtuber.

Arief Muhammad, seorang youtuber, kretor konten, serta penulis, membeberkan 3 kiatnya ketika ditanya tips menjadi seorang youtuber sukses, dilansir dari Suara.com dalam acara Peluncuran OYO Life di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019).

Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi youtuber sukses menurut Arief Muhammad.

1. Punya karakter

Arief mengumpamakan karakter seumpama sifat atau ciri khas seseorang. Saat youtuber punya karakter, maka ia akan mudah dikenal dan diingat penontonnya, ia bukan ada karena ikut-ikutan, tapi punya ciri khas khusus yang kuat.

"Sekarang kan cara terkenal banyak banget, kaya kita tinggal berantem sama orang bikin sensasi, bisa terkenal. Kita bisa pamer kekayaan, kita bisa terkenal atau kita punya prestasi punya karya, kita bisa terkenal," tutur Arief.

"Jadi tergantung, kita mau dikenal orang lewat jalur yang mana nih. Apakah dikenalnya cepet tapi negatif, atau mungkin terkenalnya agak lama tapi dikenal dengan baik, dapet respect," sambungnya.

2. Konten yang kuat

Nah, untuk membentuk ini biasanya susah-susah gampang. Pada dasarnya, Arief tidak mempermasalahkan jika kontennya cenderung membahas apa yang sedang viral. Tapi yang jadi masalah, belum tentu konten itu sesuai dengan karakter yang sedang coba dibangun oleh si youtuber.

"Padahal itu belum tentu sesuai dengan karakter kita. Misalnya, lagi hype konten komedi, tapi kalau memang itu nggak lucu, ngapain maksain bikin konten komedi. Kalau misalkan bisa jago masak, kenapa nggak bikin konten kuliner, jadi jangan maksa," tegasnya mewanti-wanti.

3. Konsisten

Kunci utama dari kiat ketiga ini adalah kesabaran dan ketelatenan, yaitu konsisten. Arief membeberkan jika seorang youtuber butuh satu momentum besar untuk dikenal publik, jadi satu-satunya cara menunggu momentum itu ialah dengan konsisten membuat konten

"Jadi sebagaimanapun kita berusaha, momentum orang beda-beda. Ada orang yang sebulan terkenal, ada yang nunggu 7 tahun baru terkenal, momentum beda-beda, yang penting konsisten," pungkasnya.

(*)


Berita Terkait