Juara Dunia Gulat Tantang Khabib

Khabib Nurmagomedov hari ini merayakan ulang tahun ke-31. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Jakarta - Bintang UFC, Khabib Nurmagomedov mendapat tantangan dari juara dunia gulat, Kyle Dake. Khabib adalah bintang paling populer di dunia UFC saat ini.

Ia tidak terkalahkan dalam 28 laga yang ia jalani sebagai petarung mixed martial arts (MMA). Salah satu kunci kehebatan Khabib adalah teknik bergulat yang sulit ditandingi dan ragam kuncian yang ia miliki.

Sejumlah penggemar pun mulai membandingkan dan berandai-andai peluang menang Khabib bila berjumpa pegulat dalam sebuah pertarungan sungguhan.

"Jika Khabib ingin bertarung di matras gulat, saya akan setuju dengan hal itu," ucap Dake dikutip dari Fight Library.

Dake adalah juara dunia gulat pada 2018 dan 2019. Ia juga memenangkan Piala Dunia Gulat pada 2018. Dari segi usia, Dake yang baru berumur 28 tahun lebih muda tiga tahun dari Khabib.

Duel gulat pernah terjadi antara Jordan Burroughs, juara Olimpiade dan juara dunia gulat, menghadapi Ben Askren yang merupakan salah satu petarung UFC. Dalam duel tersebut, Burroughs berhasil menang dengan mudah.

Khabib sendiri menerima banyak tantangan pertarungan setelah menaklukkan Dustin Poirier. Tony Ferguson jadi salah satu calon kuat lawan Khabib di laga berikutnya.

Selain Ferguson, nama Georges St-Pierre juga jadi kandidat kuat meski ia sudah pensiun dari dunia tarung.

Kesuksesan Khabib di atas octagon memang memancing para petarung lain untuk mengalahkan petarung asal Rusia tersebut. Sebelumnya, juara kelas bulu pertarungan MMA Bellator, Patricio 'Pitbull' Freire.

"Khabib sangat tangguh, memiliki kemampuan gulat dan Sambo yang fenomenal, namun memiliki kelemahan besar pada kakinya sehingga saya bisa mengalahkannya," kata Freire kepada MMA Fighting.

(*)