1 Syawal 1436 H

Warga Muhammadiyah Sambut Lebaran Tanggal 17 Juli

Warga Muhammadiyah Sambut Lebaran Tanggal 17 Juli

Teropong hilal (Foto: Viva)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Warga Muhammadiyah tampaknya sudah menentukan jatuhnya 1 Syawal 1436 Hijriah. Muhammadiyah telah menentukan hari Jumat sebagai jatuhnya 1 Syawal sekaligus Idul Fitri.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui surat No 01/MLM/1.0/E/2015 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1436 Hijriyah, menetapkan tanggal tersebut.

“Malam ini hari terakhir pelaksanaan shalat tarawih berjemaah. Lebaran pada hari Jumat,” kata Datok Rajo Marah, Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Karimun Selasa (14/7/2015).

Penetapan 1 Syawal 1436 H, setelah hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid pimpinan pusat Muhammadiyah.

Berdasarkan ijtimak jelang Syawal 1436 H terjadi pada hari Kamis legi 16 Juli pukul 08.26 WIB. Dengan tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta sudah terlihat hilal. 

Artinya, ada tiga kreteria yang dianggap telah terpenuhi sehingga Muhammadiyah akhirnya memutuskan waktu 1 Syawal pada 17 Juli 2015 nanti.

Pertama seperti diatas, kedua yakni ijtimak terjadi sebelum terbenam matahari dan ketiga yakni ketika matahari terbenam bulan belum terbenam atau bulan masih berada di atas ufuk. 

“Jadi bisa di konversinya pada kalender Masehi yakni pada 17 Juli 2015, jadi Idul Fitri dirayakan pada hari Jumat,” ungkapnya lagi. 

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H Aprizal ketika dikonfirmasi mengaku masih menunggu keputusan Menteri Agama selaku pemangku kebijakan dari pemerintah. 

"Tunggu keputusan dari Pemerintah pusat. Kemungkinan serentak Idul Fitrinya, seperti awal puasa ,' singkatnya.

 

Pelayanan Kesehatan Buka

Sementara pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karimun, tetap memberikan pelayanan kesehatan seperti biasa namun untuk rawat jalan dialihkan ke unit UGD. 

Hal yang sama juga dilakukan di Puskesmas Tanjungbalai Karimun, yang ada tempat rawat inapnya juga tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Kalau pelayanan kesehatan tetap buka.  Kan, ada tim medis dan perawat yang non muslim mereka bisa bergantian. Jadi jangan khawatir, namun diharapkan kepada masyarakat agar jangan berlebihan saat lebaran nanti menyantap makanan,” kata Hj Sensissiana, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun.

Sedangkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, telah menetapkan cuti bersama dimulai 15 Juli hingga 22 Juli mendatang. Dan kembali beraktivitas seperti semula, dengan jam kerja kembali normal untuk melakukan pelayanan publik. Sedangkan, pelayanan kesehatan tetap buka di hari raya Idul Fitri.

“Cuti bersama hanya sepekan. Bagi yang telat tidak ada tolerans,” kata Yosli, Kabag Humas Pemda Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews