Polisi Sebut Kondisi di Papua Mulai Kondusif Pasca Rusuh

Polisi Sebut Kondisi di Papua Mulai Kondusif Pasca Rusuh

Ilustrasi

Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, kondisi terkini di Kota Jayapura, Papua pada Jumat (30/8/2019) hari ini sudah kondusif. Belum terpantau ada pergerakan massa lanjutan.

Dedi menyebut, peristiwa kerusuhan di Jayapura sudah berangsur meredam pada malam hari, massa yang sempat berkumpul di halaman Kantor Gubernur Papua juga sudah dipulangkan.

"Barusan pak Kamal (Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal) call, situasi secara umum untuk wilayah Jayapura sudah membaik dan kondusif. Kegiatan semalam berakhir pukul 22.30 WIT, masa di depan kantor gubernur sudah pulang dengan difasilitasi kendaraan dinas Polri dan TNI," kata Dedi saat dihubungi, Jumat (30/8/2019).

Jenderal bintang satu itu juga menginformasikan bahwa belum ada laporan pergerakan massa lanjutan hingga saat ini.

"Pagi ini belum ada info gerakan massa," katanya.

Sementara itu berdasarkan laporan Antara, situasi Kota Jayapura, Papua dan sekitarnya pada Jumat (30/8/2019), setelah aksi demo masih lumpuh, warga tampak berjaga-jaga di sejumlah lokasi.

Para pelajar sekolah juga terpaksa diliburkan dan pusat perbelanjaan serta perkantoran tampak tidak beroperasi.

"Kami sengaja meliburkan anak-anak untuk sekolah karena kondisi tampak belum kondusif," kata Rima yang anaknya bersekolah di salah satu SMP di kawasan di Dok V Jayapura.

Beberapa pedagang yang berjualan di Pasar Hamadi mengaku hanya datang ke pasar untuk melihat kondisi lapak atau tempat jualannya.

Sekelompok warga tampak berjaga-jaga di sejumlah ruas jalan, terutama di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, dengan membawa senjata tajam untuk berjaga jaga.

Warga juga membuat barikade dan memeriksa setiap kendaraan yang melintas di kawasan tersebut.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews