Batam Siapkan Jalur Khusus Pesepeda, Rudi: Tunggu Pelebaran Jalan Selesai

Batam Siapkan Jalur Khusus Pesepeda, Rudi: Tunggu Pelebaran Jalan Selesai

Ilustrasi jalur sepeda. (Foto: Traffic Nightmare)

Batam – Jalur khusus pesepeda bakal diwujudkan di Batam. Implementasi rencana ini menunggu selesainya proyek infrastruktur pelebaran jalan yang kini tengah berlangsung.

Rencana ini merespons pesatnya pertumbuhan komunitas sepeda di Batam. Bahkan, bersepeda kini sudah menjadi bagian gaya hidup sehat warga.

Tingkat aktivitas bersepeda juga turut meningkat setiap harinya. Sepeda tidak hanya menjadi alat untuk berolahraga, tetapi juga menjadi moda transportasi yang mendorong mobilitas masyarakat di Kota Tuah madani. 

“Kalau jalannya besar maka jalur terakhir yang keenam itu menjadi jalur khusus sepeda,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi merespons hal ini, Senin (26/8/2019).

Rudi menyadari jika pengguna sepeda dan aktivitas bersepeda terus tumbuh di Batam. Pada pelebaran jalan ini, dirinya berjanji akan memberikan jalur prioritas bagi pesepeda. 

“Tapi kalau hanya ada dua atau tiga lajur nanti ada prioritas  untuk jalur sepeda bisa dikasih cat-cat saja di sepanjang marka jalan, sebagai tanda ini jalur sepeda,” ujarnya. 

Kelemahan jalur sepeda dengan menggunakan cat, yang sudah terjadi didaerah lain, adalah digunakannya jalur tersebut untuk hal yang tidak seharusnya. Seperti parkir sembarangan dari kendaraan roda empat. 

Hal ini tentu perlu pengawasan yang ketat dari pemerintah, agar jalur yang telah dibuat digunakan sesuai peruntukkannya. “Setelah sempurna semua akan saya terapkan itu,” tutupnya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews