Perang Dagang Makin Memanas, Trump: Tiongkok itu Musuh

Perang Dagang Makin Memanas, Trump: Tiongkok itu Musuh

Ilustrasi.

Washington - Perkembangan perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok makin memanas. Presiden Donald Trump yang biasanya berupaya meredakan ketika ketegangan perdagangan memanas, dengan menyebut Presiden Tiongkok Xi Jinping sebagai “teman”, kali ini secara mengejutkan pada Jumat (233/8/2019), meluncurkan label baru untuk mitranya dari Tiongkok itu sebagai "musuh."

Dalam salah satu dari serangkaian tweet atau cuitan yang mengguncang pasar, presiden mengajukan pertanyaan kepada lebih dari 60 juta pengikutnya yang membandingkan Xi dengan Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

"Satu-satunya pertanyaan saya adalah, siapa musuh terbesar kita, Jay Powell atau Ketua Xi?" tulis Trump.

Cuitan itu muncul tak lama setelah Tiongkok mengumumkan akan memberlakukan tarif 5 persen -10 persen untuk barang-barang AS senilai US$ 75 miliar, termasuk mobil-mobil Amerika. Tarif akan datang dalam dua kelompok, pada 1 September dan 15 Desember, yang merupakan hari yang sama ketika putaran tarif terbaru Trump untuk barang-barang Tiongkok akan berlaku.

Indeks S&P 500 perusahaan besar yang diperdagangkan publik turun sekitar 1,8 persen pada Jumat pagi setelah sempat positif. Trump juga mengatakan Jumat bahwa ia telah "dengan ini memerintahkan" perusahaan AS untuk mencari "alternatif" selain Tiongkok.

Hal itu menunjukkan bahwa hubungan pribadi presiden dengan Xi, yang telah disebut-sebut Trump sebagai rute terbaik untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan utama yang menyatukan dua ekonomi terbesar dunia, berada pada titik rendah.

"Presiden Xi dan saya memiliki hubungan yang sangat kuat dan pribadi," tulis presiden dalam postingan di Twitter pada bulan Desember 2018. "Dia dan saya adalah satu-satunya dua orang yang dapat membawa perubahan besar dan sangat positif, pada perdagangan dan jauh melampaui, antara dua bangsa kita."

Belakangan di bulan ini, Trump terus menyebut Xi sebagai teman.

"Presiden Xi adalah pria yang baik, dia adalah teman saya," kata Trump saat rapat umum di Ohio.

Seringkali, presiden menekankan bahwa dia tidak menyalahkan Tiongkok atas apa yang dia lihat sebagai hubungan perdagangan yang tidak adil antara kedua negara.

"Dan lagi, aku tidak menyalahkan Presiden Xi. Saya menyalahkan para pemimpin kita di masa lalu karena membiarkan itu terjadi, ”kata Trump kepada wartawan di bulan Juli.

Hingga taraf tertentu, Xi telah membalas. Pada sebuah forum ekonomi di St. Petersburg, Rusia, pada bulan Juni, Xi menyebut Trump sebagai "teman" dan mengatakan bahwa "sulit untuk membayangkan Amerika Serikat benar-benar pecah dari Tiongkok atau sebaliknya Tiongkok dari Amerika Serikat," kepada Reuters.

Kunjungan kenegaraan resmi pertama Trump ke Beijing adalah peristiwa besar, yang dicap oleh negara itu sebagai "kunjungan kenegaraan" yang akan memainkan pertemuan informal antara kedua pemimpin.

Pada acara Gedung Putih bulan lalu, Trump mengecilkan komentar masa lalunya tentang Xi menjadi teman baik.

"Kami mungkin tidak sedekat sekarang," kata Trump, menurut Politico. “Tetapi saya harus menjadi negara kami. Dia untuk Tiongkok dan saya untuk Amerika Serikat, dan begitulah seharusnya.”

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews