Unik! Ada Gereja Berbentuk Kuil Hindu di Medan

Unik! Ada Gereja Berbentuk Kuil Hindu di Medan

Gereja dilihat dari luar (Wahyu Setyo/detikcom)

Medan - Sekilas melihat, bangunan ini seperti kuil Hindu. Padahal ini adalah gereja Graha Maria Annai Velangkani di Medan. Mungkin di dunia cuma satu yang seperti ini.

Bangunan megah di Jalan Sakura III No 7, Tanjung Selamat, Medan ini tampak seperti sebuah kuil Hindu, tapi dugaan tersebut ternyata salah. Sebenarnya bangunan ini adalah sebuah gereja.

Dilansir dari Detik.com, mereka bersama dengan rombongan media trip Hotel Harper Wahid Hasyim Medan berkunjung ke tempat wisata di Medan yang unik ini beberapa waktu lalu. Graha Maria Annai Velangkani, begitulah nama lengkap gereja ini.

Suasana gereja cukup sepi saat rombongan kami datang. Tampak beberapa pekerja sedang melakukan renovasi kecil di beberapa bagian gereja. Ada yang sedang mengecat tembok, ada juga yang bersih-bersih puing.

Di halaman gereja, rombongan bertemu dengan Pastor James Bharata Putra. Rupanya, Pastor James adalah sosok di balik Graha Maria Annai Velangkani. Dia yang pertama kali mencetuskan ide membangun gereja ini pada tahun 2001.

"Gereja ini dibangun 2001, selesai tahun 2005. Gereja ini adalah Gereja Bhinneka Tunggal Ika. Dibangun dengan 2 arsitektur, Hindu dan Islam. Aulanya seperti masjid, gerejanya seperti kuil. Surga dan Bumi bertemu di sini," ungkap Pastor James.

Bagian dalam gereja (Wahyu Setyo/detikcom)

Pastor James yang sudah puluhan tahun menjadi misionaris di Indonesia, menjelaskan bahwa gereja yang dibangunnya ditujukan untuk semua kalangan. Tidak memandang ras, bahkan agama. Semua wisatawan boleh untuk berkunjung ke gereja unik ini.

"Gereja ini terbuka untuk semua orang. Tanpa memandang wajah atau agamanya. Seperti tangan Bunda Maria yang terbuka lebar. Dia merangkul semua orang," imbuh Pastor James.

Dari segi arsitektur, Graha Maria Annai Velangkani memang sangat unik. Bagian atapnya mirip Kuil Hindu, terdiri dari 7 tingkat. Tapi sebenarnya tidak, karena ada 3 kubah juga dan tanda salib besar di kanan-kirinya.

Tiga Kubah di gereja ini melambangkan konsep Trinitas dalam agama Katolik yaitu Allah, Yesus dan Roh Kudus. Sedangkan 7 tingkatan itu melambangkan 7 tingkatan surga.

Ornamen-ornamen patung seperti dewa-dewi di Kuil Hindu juga ada di gereja ini. Cuma bedanya, patung yang ada bukan patung dewa-dewi tapi patung Yesus dan para pengikutnya.

Pada bagian dinding-dinding gereja, ada relief-relief yang menceritakan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Kutipan ayat Al Kitab dalam 4 bahasa (Indonesia, India, Inggris dan Mandarin) juga terpampang indah di dalam gereja.

Mengunjungi gereja ini, suasana damai dan syahdu begitu terasa di hati. Benar seperti kata Pastor James, Graha Maria Annai Velangkani seperti menembus sekat batas agama dan ras.

Semua elemen agama bersatu dengan padu di gereja ini dan membawa kedamaian bagi setiap umat yang berkunjung untuk wisata religi ke sini.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews