PGN Kembangkan Jaringan Pipa Gas di Batam Tahun Depan, Ini Rincian Lokasinya

Ilustrasi pemasangan jaringan pipa gas. (foto: ist/sindo)

Batam - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) merencanakan pembangunan jaringan pipa gas baru di tiga kawasan yakni  Sungai Panas, Batam Center dan Nagoya.

Sales Area Head PT PGN Batam, Wendy Purwanto mengungkapkan pembangunan jaringan gas tersebut rencananya akan dilaksanakan pada April 2020 dan selesai akhir tahun. 

"Batam Center dan Nagoya ini kan sebenarnya sudah ada jalurnya tapi berupa spot-spot. Nah jalur ini coba kita koneksikan," kata Wendy, Rabu (31/7/2019). 

Selama ini, jalur gas di Batam Center dan Nagoya hanya menggunakan pipa baja komersil. Program pengembangan jalur pipa gas ini, dikatakan Wendy diharapkan bisa menghubungkan spot-spot tersebut. 

Penyambungan ini juga bisa dimanfaatkan oleh usaha komersil di Sungai Panas untuk turut bergabung menjadi pelanggan PGN juga. Kedepannya jalur ini juga menjadi investasi PGN yang bisa dimanfaatkan untuk program Jargas. 

"Selain untuk jaringan tetapi juga untuk keandalan. Nantinya jalur pipa gas bisa looping. tidak hanya bergantung dari satu jalur. Ketika ada gangguan ini akan ada dua jalur yang bisa digunakan, jadi pelanggan tetap bisa berproduksi. Dan nantinya ini bisa disambungkan untuk rumah tangga juga, kalau saat ini kan belum bisa," ujarnya. 

Walaupun pembangunan jargas tahun depan hanya membuka 5.000 jaringan di kawasan Perumahan Cipta Asri dan Batam Centre, namun program ini akan terus bertahap dibangun setiap tahunnya. 

Besar kemungkinan, tahun selanjutnya kawasan Sungai Panas mendapat jatah pembangunan selanjutnya. 

"Sesuai penugasan biasanya bertahap tapi tiap tahun bertambah. Dan bisa juga nantinya ini untuk Jargas ke rumah tangga, karena pipa induknya satu," pungkasnya. 

(das)