https://www.batamnews.co.id

Asap Tebal Selimuti Jalur Lintas Barat Bintan, Jarak Pandang Cuma 5 Meter

Pengendara melintas di kepungan asap tebal yang menyelimuti Jalur Lintas Barat Bintan.

Bintan - Jalur Lintas Barat Kecamatan Teluk Bintan diselimuti kabut asap tebal, Selasa (30/7/2019). Kondisi ini sangat membahayakan bagi pengendara sebab jarak pandang hanya mencapai 5 meter.

Kabut asap itu berasal dari kebakaran lahan seluas 4 hektare (Ha) di Desa Tembling Tanjung. Diduga lahan itu sengaja dibakar oleh orang tak bertanggungjawab.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Toapaya, Nurwendi mengatakan pihaknya telah mengerahkan mobil damkar beserta petugas ke lokasi kejadian.

"Kami menerima laporan dari warga. Saat itu juga kami langsung turun ke lokasi untuk memadamkan api," ujar Nurwendi.

Lahan yang dibakar oleh orang tak dikenal itu berada di 2 lokasi. Pertama di RT 001/RW 002 sekitar pukul 12.00 WIB. Dikarenakan cuaca panas atau kering disertai angin kencang, api mudah membesar dan merambat hingga membakar 4 Ha lahan milik Ramlah, Arsat dan Herdi.

Belum berhasil memadamkan api seutuhnya, tiba-tiba pihaknya kembali mendapatkan laporan dari anggota Polres Bintan terkait adanya kebakaran lagi di Simpang Empat Tembeling sekitar pukul 14.00 WIB. 

"Selesai padamkan api di lokasi pertama, kami langsung tancap gas ke lokasi kedua. Saat ini dia bersama anggota sedang berupaya memadamkan kobaran api tersebut," jelasnya.

Kebakaran yang tejadi di lokasi ke dua hampir menghanguskan lahan seluas 2 ha. Penyebab kebakarannya sama dengan di lokasi pertama yaitu unsur kesengajaan oleh orang tak dikenal.

"Kita berharap polisi bisa mendapatkan pelaku yang membakar lahan," ucapnya. 

(ary)