Jalasenastri TBK dan Organisasi Wanita di Karimun Belajar Membatik

Jalasenastri TBK dan Organisasi Wanita di Karimun Belajar Membatik

Ketua Jalasenastri TBK, membatik bersama ibu-ibu di aula mako lanal (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Jalasenastri (istri angkatan Laut) Cabang 6 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) yang diketuai oleh Ny Karindia Yogiantoro mengadakan pelatihan membatik bersama organisasi wanita di Kabupaten karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (20/7/2019).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Yos Soedarso Mako Lanal TBK tersebut, menjadikan Dekranasda Kota Batam sebagai instruktur. Sementara, Ketua Dekranasda Kota Batam yang juga istri Walikota Batam itu sebagai tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, kegiatan juga diikuti oleh 30 orang ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Karimun, Persit KCK cabang Tanjung Balai Karimun, Bhayangkari TBK, ibu-ibu PKK Kabupaten Karimun, guru dan anggota Jalasenastri Lanal TBK.

Ketua Jalasenastri Cabang 6 korcab IV DJA I, Ny Karindia Yogiantoro mengatakan bahwa, kegiatan dilakukan untuk memahami tahapan pembuatan batik tulis, mulai dari pembuatan pola dan menciptakan jenis dan motif baru.

"Dengan pelatihan ini, ibu-ibu dapat mengerti tahapan pembuatan batik tulis, mulai dari membuat pola dan kreasi lainnya," kata Karindia.

Ia berharap, nantinya batik-batik di Karimun dapat dikenal wisatawan luar dan dipasarkan ke daerah lainnya. Selain itu, pelatihan membatik juga menjadi salah satu implementasi MoU Dekranasda Batam dengan Dekranasda Karimun pada bulan Febuari lalu.

"Ibu-ibu dapat mengerti dan belajar step-step pembuatan batik, khususnya batik tulis. Dimana, saat ini di Karimun belum ada yang memproduksi atau menjual batik tulis Karimun," ucap Karindia.

Dengan pelatihan yang telah diadakan, kedepannya dapat menciptakan kekayaan filosofi khas Karimun dengan menciptakan motif baru.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews