Polres Tanjungpinang Gelar Workshop Kelola Plastik Bekas

Polres Tanjungpinang Gelar Workshop Kelola Plastik Bekas

Foto: Afriadi/Batamnews

Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang menggelar Workshop Ecobricker, Rabu (17/7/2019). Kegiatan semacam edukasi untuk mengelola plastik bekas sekali pakai. Hasilnya bahan plastik, yang biasanya sekali pakai langsung buang itu bisa dimanfaatkan kembali dan tidak menjadi tumpukan limbah.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi menjelaskan jika pengelolaan sampah di negeri ini merupakan permasalahan klasik, sepele namun belum teratasi sepenuhnya.  Untuk itu, mari kita menggali ilmu dan pengetahuan ini serta menularkannya kepada masyarakat Kota Tanjungpinang.

"Workshop digelar bekerja sama dengan Ecobrick Tanjungpinang dengan menghadirkan GEA Trainer Hidra Atmaja , S.Kom, CODS, CODP, SBs, CHI , CI dan Sekretaris Ecobrick Suryadi," kata Ucok.

Ucok sangat berharap dengan kegiatan itu menjadi langkah nyata bagi Polres Tanjungpinang dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang yang bersih, aman dan nyaman. "Ecobrick adalah metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat," sebutnya.

Ia melanjutkan, tujuan dari ecobrick sendiri adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna.

"Contoh pemanfaatannya adalah untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya yang bahkan memiliki nilai jual," ujarnya.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews