Songsong Revolusi Industri 4.0, BKIPM Batam Luncurkan PPK Online

Songsong Revolusi Industri 4.0, BKIPM Batam Luncurkan PPK Online

Kepala BKIPM Eka menyaksikan penandatanganan zona integritas anti korupsi di Kantor BKIPM Kota Batam, Selasa (2/7/2019). (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam  - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kota Batam tidak ingin ketinggalan menyongsong revolusi industri 4.0. Lembaga yang berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan launching aplikasi Permohonan Pemeriksaan Karantina (PPK) online, di Kantor BKIPM Kota Batam, Selasa (3/7/2019).

PPK online merupakan aplikasi yang ditujukan bagi Stakeholder Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu untuk mengajukan Permohonan Penerbitan Health Certificate dan dokumen KIPM lainnya secara online. Aplikasi ini diresmikan langsung oleh Kepala BKIPM Kota Batam A. A, Gede Eka Susila.

Kegiatan itu serangkaian dengan acara Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2019. Kegiatan ini bertujuan upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai kesehatan ikan, mutu, dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.

"Semoga masyarakat Indonesia dengan kegiatan ini sadar, mutu dan kesehatan ikan. Kegiatan dilaksanakan secara nasional disetiap daerah," kata Eka.

Selain meresmikan aplikasi PPK online, BKIPM juga menandatangani pencanangan zona itegritas. "Kita ingin lembaga ini bersih dari korupsi dan gratifikasi," kata dia.

Eka mengatakan, integritas itu dimulai dengan komitmen pimpinan dari hal kecil seperti tidak datang terlambat kerja. "Begitu juga jangan korupsi waktu dengan pulang sebelum waktu kerja selesai," kata dia.

Eka melanjutkan, di kegiatan ini juga BKIPM berkomitmen melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarkaat terkait sertifikasi kesehatan karantina ikan.

Acara yang berlangsung di area perkantoran BKIPM itu juga dihadiri beberapa intansi lain, seperti dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batam, Imigrasi Kota Batam, Bea Cukai Kota Batam dan lainnya.

Selain membuka acara Bulan Bakti Karantina dan Mutu, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor ikan juga mendapat penghargaan.

Mengusung tema Melalui GEMASATUKATA (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina), Kita Wujudkan Pemanfaatan Sumber Daya Ikan Yang Lestari dan Berkelanjutan, acara dilaksanakan serentak di Pusat BKIPM dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KIPM seluruh Indonesia, mulai 23 Juni hingga 23 Juli 2019.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews