Batam Tuan Rumah Kompetisi Marching Band Asia 2020

Batam Tuan Rumah Kompetisi Marching Band Asia 2020

Penandatanganan MoU Batam Tourism International Marching Championships (BTIMC). (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Batam Tourism International Marching Championships (BTIMC) akan digelar pada tahun 2020. Sebagai permulaan dilakukan penandatanganan MoU BTIMC 2020 di Kepri Coral Ressort, Batam, Sabtu (29/6/2019).

MoU ini ditandatangani oleh PT Cakra Brahmatra Indonesia (CBI), Asian Marching Band Confederation (AMBC), Indonesia Marching Arts Association (IMAA), dan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI).

BTMIC merupakan kompetisi marching band se-Asia. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan di Batam.

President Director CBI, Surya Wijaya yang juga selaku Event Director dalam sambutannya mengatakan, Batam merupakan daerah yang sangat tepat untuk diselenggarakan BTIMC.“Karena Batam memiliki semua fasilitas,” ujar Surya.

Ia menjelaskan penandatanganan MoU ini sebagai langkah awal. November 2019 nanti, event ini akan diluncurkan. Pelaksanaannya akan digelar Juni 2020 mendatang. “Ini merupakan dorongan,tenaga dan spirit bagi kami,” jelasnya.

Perwakilan Indonesia Marching Arts Association (IMAA), Indra dalam sambutannya mengatakan, marching band tidak hanya bicara tentang kompetisi tetapi juga sebagai driver beberapa sektor.

“Bisa sebagai driver pariwisata, pembangunan Sumber Daya Manusia, pembangunan ekonomi kreatif, peningakatan pendapatan asli daerah, dan terciptanya peluang-peluang industri khususnya,” ujar Indra.

Ia juga berharap event BTMIC ini bisa berjalan dengan sukses, dan pesertanya tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari Asia maupun dunia.

Pengurus AMBC, Sehat Kurniawan menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. Dan kedepan juga ikut mempromosikan event ini kepada 12 negara yang telah tergabung dalam AMBC.

“Indonesia cukup sering menjadi tuan rumah, dari 30 event yang kami selenggarakan, 20 diantaranya dilaksanakan di Indonesia,” ujarnya.

Persatuan drum band indonesia Muryanto Babai menambahkan, pihaknya juga akan bekerjasama dalam menyukseskan acara ini. Secara pribadi, dirinya juga sangat bangga akan BTMIC.

“Sebenarnya sejak tahun 2017, konsep ini memang ingin kami buat, dengan permulaan baru ini bisa membuka langkah-langkah selanjutnya,” ujar Muryanto.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews