Dataran Tinggi Dieng Kembali Membeku, Suhu Capai Minus 9 Derajat

Dataran Tinggi Dieng Kembali Membeku, Suhu Capai Minus 9 Derajat

Dataran tinggi Dieng diselimuti salju (Foto:ist/tribunnews)

Banjarnegara - Dataran tinggi Dieng kembali membeku. Suhu udara pagi ini, Senin (24/6/2019) pukul 05.30 WIB merosot hingga minus 9 derajat celsius. Air membeku dan embun turun menyelimuti area dataran tinggi tersebut.

Jika sebelumnya suhu terendah hanya mencapai minus 5 derajat celsius, kini turun lagi hingga minus 9 derajat celsius. Akibatnya, bukan hanya rumput dan daun-daun yang memutih, mobil yang parkir di luar ruangan pun diselimuti salju atau embun yang membeku menjadi es. Beberapa botol yang berisi air juga terlihat membeku.

Selama satu minggu berturut-turut, suhu udara di Dieng berada di bawah 0 derajat celsius. Hanya setiap harinya titik terendah suhu udara di Dieng beragam.

"Sudah sepekan berturut-turut suhu udara di Dieng minus derajat celsius. Jadi selama satu minggu ini embun es selalu muncul di Dieng, terutama di komplek Candi Arjuna," terang Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto, Senin (24/6/2019).

Aryadi mengatakan, titik terendah suhu udara di dataran tinggi Dieng berada di komplek Candi Arjuna. Namun hari ini, suhu udara di pemukiman juga berada di Bawah 0 derajat celsius.

"Tadi saya mengukur dengan thermometer di rumah minus -1 derajat celsius. Padahal, sebelumnya kalau di komplek Candi Arjuna minus 1 derejat, di rumah 5 derajat, tidak sampai minus," jelasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews