Tak Hanya Jadi Tren, Hadiah Buket Bunga Ternyata Punya Makna Mendalam

Tak Hanya Jadi Tren, Hadiah Buket Bunga Ternyata Punya Makna Mendalam

Buket bunga segar yang kini tren jadi hadiah bagi orang-orang terkasih di Batam.

Batam - Memberikan buket bunga sebagai hadiah mulai menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini eksistensi buket bunga kian diminati kalangan muda di Batam. 

Jika tahun-tahun sebelumnya pemberian bunga sebagai kado hanya sering dijumpai saat peresmian sebuah toko, atau usaha baru, kini buket bunga hampir menemani masyarakat di setiap momen spesial. 

Buket bunga acap kali menjadi andalan sebagai pilihan kado favorit saat memberi hadiah kepada orang terkasih. 

Henny Virana, salah satu pemilik toko bunga di Batam mengakui perkembangan tren ini. 

"Sejak 2017 memberikan bunga sebagai hadiah terus menjadi tren ya,  bunga sering diberikan saat hari ibu ataupun ulang tahun," kata Henny, Sabtu (22/6/2019). 

Selain perayaan ulang tahun, momen wisuda, perayaan hari jadi suatu hubungan hingga hari kasih sayang, juga hampir tak pernah lepas dari keberadaan buket bunga.

"Bunga itu dinilai spesial, apalagi cewek-cewek ya. Kalau dikasih hadiah bunga segar pasti wah seneng banget. Saat momen wisuda, kurang lebih kami bisa menerima pesanan 100 buket bunga," ujarnya.

Salah satu buket bunga yang menjadi primadona, adalah satu ikat besar bunga segar. Hal ini karena pemberian bunga segar dinilai lebih spesial. Selain sebagai kado bunga segar juga sering dipilih sebagai material utama dekorasi dalam sebuah acara. 

Tak hanya asal memberikan kado buket bunga, ternyata setiap tangkai bunga memiliki arti dan makna masing-masing. 

Seperti misalnya memberikan satu tangkai bunga artinya 1-10 tangkai artinya sebagai ungkapan rasa cinta, 13 tangkai artinya pemuja rahasia, 15 tangkai berarti sebuah pengakuan penyesalan, dan 21 atau 100 tangkai artinya meminta ikatan yang berkomitmen. 

Buket bunga berisi 21 atau 100 tangkai bunga ini sering digunakan pada saat pertunangan, atau ketika laki-laki berniat melamar seorang gadis. 

"Saya sengaja menempel tulisan itu di toko, sehingga pembeli tidak hanya memesan bunga tapi mereka juga tau maknanya dan bisa menjadi referensi," ucapnya. 

Rio salah satu kaula muda Batam yang sering membeli bunga sebagai hadiah, dia mengaku buket bunga tidak hanya diberikan kepada pacarnya saat perayaan tertentu, tetapi juga sebagai kejutan, atau permintaan maaf. 

"Kenapa bunga? Alesannya simple sih, karena nyarinya gampang, terus yang dikasih suka. Dan bunga itu identik sama cewek banget. Dari pada pusing milih barang taunya gak suka," ubgkapnya. 

Pemberian buket bunga yang terus eksis hingga saat ini  sebagai hadiah, tentunya banyak dimanfaatkan sebagai ladang bisnis baru, tidak hanya toko bunga yang kian mudah ditemui di Batam. Penjual bunga online pun juga banyak ditemui. 

Salah satunya Nantia Vetrica, penjual buket bunga online di Instagram. Dia mengakui bisnis ini sangat menjanjikan asalkan telaten mengerjakannya. 

"Karena hobi jadi bisnis ini cukup gampang sih. Tinggal upload foto di instagram dan pembeli tinggal memilih ingin bunga yang seperti apa. Tapi kalau online yang biasa dipesan bukan bunga asli, lebih seringnya bunga kertas, atau bunga kain yang buatan tangan lah," paparnya. 

(das)


Berita Terkait