Jangan Dibuang, Begini Cara Mengolah Sisa Hidangan Lebaran

Jangan Dibuang, Begini Cara Mengolah Sisa Hidangan Lebaran

Opor ayam.

Batam - Lebaran identik dengan aneka makanan yang berlimpah. Seringkali, saking banyaknya, Anda sampai tak masak berhari-hari, dan terus menghangatkan menu yang sama.

Tapi, setelah beberapa hari, bosan juga ya mengonsumsi menu yang itu lagi itu lagi. Terlebih, beberapa makanan, meski tak basi, mungkin sudah tak enak dikonsumsi. Misalnya daging opor yang sudah habis kuahnya, atau daging rendang yang membeku karena kelamaan ditaruh di kulkas.

Jangan dibuang! Daging, ayam panggang, nasi, roti, bahkan potongan sayuran yang tidak terolah atau termakan, ditambah dengan sedikit kreativitas, bisa Anda olah kembali menjadi makanan baru yang sehat dan enak.

Tak hanya menghemat waktu dan uang, cara ini juga dapat mengurangi limbah atau sampah makanan. Ini dia cara kreatif mengolah kembali makanan sisa, dilansir dari laman Metro.

1. Daging ayam sisa opor dan tulang ayam bisa Anda olah kembali menjadi sup. Agar tak terasa bumbu opornya, Anda bisa rendam dulu beberapa saat daging ayam sisa opor di air panas. Tambahkan sayuran untuk membuatnya menjadi lebih bernutrisi.

2. Kue bolu sisa hantaran Lebaran yang tak termakan mungkin sudah mengeras di kulkas. Anda bisa memotong-motongnya, mencampurkanya dengan susu dan bubuk agar-agar, dan jadilah puding.

3. Nasi sisa yang hampir kering di magic jar bisa diolah kembali menjadi nasi goreng. Anda tinggal menambahkan aneka isian seperti telur, baso, daging ayam, seafood, dan aneka sayuran.

4. Sisa sayuran bisa Anda manfaatkan sebagai topping pizza. Adonan pizza bisa Anda peroleh dengan mudah di supermarket, atau bisa juga menggunakan roti tawar sebagai ganti roti pizza. Tambahkan keju mozzarella di atasnya, jadilah pizza sehat yang murah meriah.

Selamat mencoba!

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews