Alasan Istri Soenarko Tak Yakin Suaminya Tak Terlibat Penyelundupan Senjata

Alasan Istri Soenarko Tak Yakin Suaminya Tak Terlibat Penyelundupan Senjata

Soenarko (Foto: Ist)

Jakarta - Istri Mayjen (Purn) Soenarko, Rini Soenarko, masih tak menyangka suaminya bakal ditahan di Rutan Guntur, Jakarta Selatan. Rini meyakini suaminya 

tak bersalah.

Apalagi terlibat penyelundupan senjata api. Rini sudah beberapa kali bertemu suaminya.

Ia mengatakan, kondisi suaminya cukup sehat. 

"(Kondisi) sehat, alhamdulillah. Saya diberi kesempatan dan diberi fasilitas untuk bisa jenguk," ucap Rini kepada wartawan di Hotel Century Park, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

Berdasarkan informasi yang didapat dari pengacara dan pihak lain, Rini yakin suaminya tidak bersalah. Soenarko idak tahu soal ada penyelundupan senjata. 

"Kamu simpulkan sendiri (dijebak atau tidak) bapak ketika senjata itu dikirim dari Aceh ke Jakarta, bapak nggak tahu ada pengiriman senjata," ucap Rini.

Selain itu, Rini mengetahui soal rencana Soenarko yang ingin mengirim senjata M16A1 mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke Museum Kopassus. Seperti penjelasan kuasa hukum Ferry Firman Nurwahyu, pengiriman itu harus legal.

"Bapak perintahkan Heri (Heriansyah), yang pengawal bapak di sana, sopir juga. Diperintahkan kalau nanti kirim senjata hadap (Kasdam Iskandar Muda), Pak (Brigjen) Daniel Chardin," kata Rini.

"Saya sudah telepon Pak Daniel Chardin. Jadi, senjata itu dibawa anggota Iskandar Muda yang mau ke Jakarta, dilengkapi dengan surat pengantarnya. Tapi yang terjadi apa. Surat bukan dari Kasdam Iskandar Muda," sambung Rini.

Saat ini mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko dan mantan Kepala Staf Kostrad TNI AD Mayjen (Purn) Kivlan Zen berstatus tersangka di Bareskrim Polri. Soenarko ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan senjata api dan Kivlan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar dan hoaxserta kepemilikan senjata api ilegal. 

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews