Jelang Lebaran, Warga Ramai-ramai Tebus Barang di Pegadaian

Jelang Lebaran, Warga Ramai-ramai Tebus Barang di Pegadaian

Sejumlah warga mengantre di Pegadaian untuk menebus barang gadai. (Foto: Diah/batamnews)

Batam - Pegadaian di Batam tidak pernah sepi dari pelanggan dalam hampir sebulan Ramadan ini. Jelang lebaran, pegadaian dipenuhi warga yang ingin menebus barang gadainya.

Manajer Penjualan Pegadaian Area Batam, Rio mengatakan budaya masyarakat selama bulan Ramadan dibagi menjadi dua yakni di awal dan akhir bulan.

Saat awal Ramadan, banyak masyarakat yang berbondong-bondong ke pegadaian untuk menggadai karena ada kebutuhan. 

"Di awal Ramadan kecenderungan orang lebih untuk melakukan transaksi gadai karena seperti biasa orang menggadai untuk menambah stok barang dagangannya jika pengusaha, dan untuk masyarakat biasa ya untuk memenuhi kebutuhan dan yang mendominasi (proses gadai) pelaku usaha yang menambah modal," ujarnya

Sedangkan di akhir Ramadan, masyarakat akan berbondong-bong ke pegadaian untuk menebus barang gadainya karena perputaran ekonomi sudah kembali. 

"Umumnya menjelang lebaran biasanya mereka pendapatan meningkat tuh, dan ingin menggunakan perhiasan mereka," jelasnya. 

Perhiasan seperti emas, masih menjadi jenis barang yang dominan digadai masyarakat di pegadaian. Namun banyaknya penebus bukan berarti tidak ada yang melakukan gadai saat menjelang lebaran. 

"Tapi saat menjelang lebaran juga ada yang menggunakan pelayanan gadai juga untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Enak gadai ini kan kalau kita butuh titip barang saat kita alur kasnya sudah normal bisa diambil lagi," pungkasnya.

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews