Agar Si Buah Hati Semangat Berpuasa, Ajak Ia Sahur dengan Trik Ini

Agar Si Buah Hati Semangat Berpuasa, Ajak Ia Sahur dengan Trik Ini

Ilustrasi.

Batam - Saat berpuasa, Si Buah Hati pasti akan mengalami beberapa tantangan. Salah satunya adalah perubahan jadwal makan yang disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka.

Hal ini pun pasti menjadi tantangan untuk membuat anak semangat berpuasa. Selain itu, tantangan lainnya seperti membangunkannya untuk sahur.

Di awal puasa, mungkin mereka akan kaget karena tidak terbiasa bangun sepagi itu. Namun bisa diterapkan beberapa tips berikut agar mereka semangat bangun untuk sahur.

 

Jelaskan Tentang Puasa

Jika ini kali pertama ia berpuasa, lebih baik mempersiapkannya untuk berpuasa dari jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Salah satunya adalah dengan menjelaskan jam berapa ia harus bangun untuk memakan sahur.

Lalu jelaskan juga bahwa setelah itu ia sudah tidak boleh lagi makan dan minum sampai waktu berbuka tiba. Memberitahu hal ini berulang kali pada anak sampai ia paham dan siap menjalani puasa.

 

Ajak Anak Tidur Lebih Awal

Biasanya anak akan susah bangun untuk sahur kalau ia tidur terlalu larut pada malam hari. Karena itu, Ibu lebih baik mengajaknya tidur lebih awal agar ia bisa lebih mudah dibangunkan saat sahur. Si Buah Hati mungkin kadang susah untuk disuruh tidur lebih awal. Jelaskan bahwa ia perlu tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur.


Pasang Alarm Bersama

Sebelum tidur, bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk mengatur sendiri jam berapa ia akan bangun waktu sahur dengan bersama-sama memasang alarm. Namun pastikan ia tidak memasang alarm melewati waktu sahur. Nanti saat membangunkannya, kita bisa bilang pada Si Buah Hati  bahwa itulah jam yang sudah ia tentukan sendiri dan ia harus bangun.


Bangunkan Si Buah Hati dengan Lembut

Saat sahur, bangunkan Si Buah Hati dengan lembut ya, Bunda. Bisa mengusap kepalanya atau menepuk-nepuk punggungnya sambil mengajaknya bangun. Kalau Si Buah Hati tidak mau bangun juga, hindari membangunkannya dengan paksa karena bisa membuat mood Si Buah Hati menjadi turun dan ia akan semakin sulit lagi diajak sahur.

 

Beri Reward

Salah satu cara agar Si Buah Hati lebih termotivasi menjalankan puasa, termasuk sahur adalah dengan memberikan reward, Bun. Berikan hadiah berupa mainan yang paling ia inginkan atau tiket jalan-jalan agar Si Buah Hati makin semangat untuk menjalankan puasanya dengan maksimal. Tapi, reward ini tentu saja baru bisa ia dapatkan kalau ia bisa rutin menjalani puasa, salat, tarawih, hingga melaksanakan sahur.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews