Kemenag Batam: Teliti Saat Bayar Zakat di Tempat Umum

Kemenag Batam: Teliti Saat Bayar Zakat di Tempat Umum

Ilustrasi.

Batam - Kepala Kementerian Kota Batam, Zulkarnain Umar, mengingatkan umat yang hendak membayar zakat fitrah Ramadan di konter-konter yang berada di tempat umum agar lebih teliti.

Teliti yang dimaksudkan yaitu apakah konter tersebut menunjukan identitasnya atau tidak. Agar jangan tertipu dengan konter-konter bodong.

Namun Zulkarnain mengatakan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan lembaga zakat yang ada, agar menunjukan identitas legalitasnya.

"Sudah kami kordinasikan, jadi setiap lokasi umum itu sudah terdata lembaga zakat apa saja yang buka konter, ketika nanti mereka menemukan ada yang mencurigakan segera melapor," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Zulkarnain menjelaskan, retribusi serta penyaluran zakat sudah ada undang-undangnya. Jadi pihaknya akan mengontrol proses pemungutan zakat hingga penyaluran sesuai aturan.

"Sudah ada aturannya dan kita mengontrol mereka dari situ, kemudian kita meminta laporan mereka setiap tahun, pastinya seluruh lembaga zakat akan diaudit juga," ucapnya. 

Lanjut Zulkarnain, Kemenag sendiri telah melakukan seleksi serta pembinaan-pembinaan kepada seluruh petugas pengumpul dari lembaga zakat. 

Diketahui, hingga saat ini beberapa lembaga zakat sudah mulai bergerak mendirikan konter-konter di tempat umum seperti pelabuhan, bandara hingga pusat perbelanjaan. 

Keberadaan mereka di sana, Zulkarnain menyebutkan bahwa konter-konter tersebut merupakan bentuk pelayanan untuk masyarakat.

“Agar memudahkan untuk membayar zakat, saat ini sudah ada yang bergerak, namun biasanya mulai gencar di pertengahan Ramadan,” kata Zulkarnain.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews