Penyebab Kapal Oceana Dragon 6 Tabrak Karang Lalu Kandas

Penyebab Kapal Oceana Dragon 6 Tabrak Karang Lalu Kandas

Para penumpang kapal penumpang MV Oceana Dragon 6 saat dievakuasi (Foto: (Ist/Batamnews)

Batam - Kapal feri MV Oceana Dragon 6 (sebelumnya disebutkan Dragon 6) yang kandas di perairan Ngenang, Batam, Provinsi Kepri, diduga salah jalur. Kapal feri Tiba-tiba feri kemudian menabrak sebuah karang hingga tersangkut dan tak bisa melanjutkan perjalanan ke Batam.

Awalnya feri tujuan Tanjungpinang-Batam tersebut berangkat dari Tanjungpinang menuju Batam pada sore hari. Setelah sampai di perairan Ngenang, kapal tiba-tiba kandas. 

Sebanyak 41 penumpang yang berada di kapal kaget. Seluruh penumpang bergegas memasang pelampung. Para penumpang sempat panik.

"Saya di kapal tertidur, sekitar 15 menit mau sampai Batam tiba-tiba kapal seperti mengerem mendadak," kata Isdhira salah seorang penumpang kepada batamnews.co.id.

Setelah itu Dhira mencoba menanyakan ke ABK, disampaikan kapal tersebut kandas. "Rupanya setelah tanya ABK kapalnya kandas. Alhamdulillah semua selamat,"  katanya. 

Selang beberapa menit kapal Oceana 9 datang membantu evakuasi. Seluruh penumpang dipindahkan menggunakan sampan. 

Informasi di lapangan kapal tersebut kandas ketika hendak berubah haluan ketika masuk ke pelabuhan Telaga Punggur. 

Ketika dihubungi awak media, Kasi Ops Basarna Eko Suprianto mengatakan, dugaan sementara penyebab kandas karena salah alur atau air surut. 

"Kemungkinan dua penyebab itu," kata dia. Begitu juga yang dikatakan Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpinang Imran mengatakan, kemungkinan penyebabnya faktor kandas adalah human error (kesalahan manusia).

"Saya belum bisa menyimpulkan, sebelum kami lakukan pemeriksaan," kata Imran. 

Ia melanjutkan, akan melakukan koordinasi dengan KSOP Kota Batam untuk melakukan pemeriksaan. 

"Pemeriksaan mungkin bisa Batam atau Tanjungpinang," kata dia. 

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews