Sayuran Hidroponik Sumber Ekonomi Baru Warga Teluksasah

Sayuran Hidroponik Sumber Ekonomi Baru Warga Teluksasah

Sistem pertanian hidroponik yang digandrungi warga Teluksasah kini menjadi sumber ekonomi baru. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Berkebun dengan sistem hidroponik mulai digeluti oleh warga Desa Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam. Mereka memanfaatkan halaman rumah untuk bercocok tanam khususnya aneka sayuran.

Bagi mereka sistem hidroponik ini mampu memberikan nilai ekonomi baru bagi keluarga apalagi yang hanya memiliki lahan terbatas untuk berkebun.

"Hampir di setiap rumah warga ada perkebunan sayuran. Meskipun kecil, sayuran hidroponik itu selain dikonsumsi sendiri juga bisa dipasarkan sehingga jadi sumber penambah penghasilan baru bagi keluarga," ujar salah satu warga, Asan, Jumat (10/5/2019).

Kepala Desa (Kades) Teluksasah, Suhairi mengaku sangat mendukung warganya yang semangat berkebun dengan sistem hidroponik.

"Sudah banyak yang berkebun meskipun di perkarangan rumah," katanya.

Warga yang berkebun dengan sistem tersebut sudah cukup banyak. Antusias ini yang menjadi dasar pihaknya untuk melakukan penelitian. Lalu akan dikembangkan terkhusus pembinaan keahlian untuk hidroponik.

Seperti yang berada di Taman Surya Indah dan Lobam Mas Asri. Warga yang berada di dua kawasan tersebut sudah merasakan keuntungan ekonomis dari berkebun hidroponik.

"Dengan halaman rumah saja hasil berkebun mereka sudah mampu datangkan nilai ekonomis. Bayangkan jika skala besar, selain mampu memenuhi kebutuhan pasar jua mampu meningkatkan kesejahteraan mereka," jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, Desa Teluksasah akan mengalokasikan APBDes 2019 untuk pengembangan-pengembangan pemberdayaan manusia agar warga di sini mampu berwirausaha. Mulai dari pengembangan yang lebih besar sampai pemasarannya.

"Hidroponik ini selain lebih segar juga lebih sehat. Jadi sayuran hidroponik ini akan banyak diminati pasaran," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews