Yonif RK 136/TS Kirim 500 Personel ke Maluku

Yonif RK 136/TS Kirim 500 Personel ke Maluku

500 Personel Yonif RK 136/TS yang dikirim ke Maluku. (Foto: istimewa)

Batam - Sekitar 500 orang personel Yonif RK 136/TS diberangkatkan ke Maluku. Mereka akan bertugas selama 9 bulan dan disebar di pos-pos lokasi prioritas seperti Maluku dan Maluku Tengah.

Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah berpesan kepada prajurit Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang berangkat ke Maluku agar berbuat lebih baik. 

Hal ini disampaikan Fadhilah usai Upacara Pemberangkatan Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS dalam rangka Tugas Operasi Pam Rahwan Maluku tahun 2019 di Pelabuhan Batuampar, Senin (6/5/2019).

"Banyak yang sudah lakukan dengan baik. Kamu harus buat lebih baik. Saya bangga dengan kamu. Keluarga bangga dengan kamu. Selamat bertugas. Pergi lengkap, pulang dalam keadaan lengkap juga," ujar Fadhilah.

Pangdam I/BB menjelaskan, penugasan ini bukanlah hal baru. Tapi sudah bertahun-tahun dilaksanakan TNI khususnya Angkatan Darat.

"Di sana masih ada kerawanan tertentu. Masih ada potensi untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak sebesar seperti tempat lain, tapi masih ada potensi. Ditambah juga di sana itu sangat rawan dengan bencana alam. Kerawanan sosialnya juga di sana masih tinggi," kata dia.

Menurut Fadhilah, sebelum diberangkatkan ke Maluku, personel Yonif RK 136/TS telah lebih dulu dibekali berbagai persiapan. Tak hanya fisik dan logistik tapi juga diberikan pelajaran tentang budaya tempat operasi nanti. Bahkan komandan satuan sudah ke Maluku untuk melihat persiapan apa yang dibutuhkan dari Batam.

"Batalyon yang akan berangkat disiapkan lagi, diingatkan, diberi pelajaran tentang budaya di sana. Bahkan komandan satuan beberapa bulan lalu ke sana untuk menengok, mempelajari apa yang menjadi masalah-masalah menonjol termasuk kesiapan yang perlu ditata apa," jelasnya.

Perbekalan bagi anggota yang bertugas Pam Rahwan ini menurutnya sudah dilengkapi dan dicek sejara berjenjang. Mulai dari satuan sendiri, Korem, Kodam, Angkatan Darat, terakhir dicek Mabes TNI.

"Mabes TNI menyatakan siap. Sudah saya tengok, bagus. Dari beberapa bahkan ini dinyatakan oleh Mabes TNI yang saya tengok sebelum berangkat, ini salah satu yang terbaik kesiapannya," kata Fadhilah. 

Tampak para keluarga dan kerabat mengantarkan keberangkatan para personel tersebut.

(ret/*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews