Trekking Bintan Camteras 2019 Lintasi Tantangan Sejauh 9 Km

Peserta Trekking Bintan Camteras 2019 dilepas dari garis start, kemarin. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Trekking Bintan Camteras (TBC) 2019 yang dilaksanakan, Minggu (21/4/2019) berjalan meriah. Event yang kali ke-5 digelar ini diikuti oleh 55 tim dari Bintan, Batam dan Tanjungpinang.

Tim yang terdiri dari 3 orang ini melintasi trek penuh tantangan sejauh 9 kilometer. Dimulai dari Taman Kota Seri Kuala Lobam, menuju Lobam Bestari, kemudian melintas RSUD Engku Daud, masuk ke hutan Tanjunguban Timur, Jalan Indunsuri dan kembali ke arah Taman Kota Seri Kuala Lobam.

Ketua Pembina TBC, Umar Ali Rangkuti mengatakan masyarakat dan pecinta alam sangat antusias mengikuti event yang ke lima kalinya digelar ini. 

"Melihat antusias yang ikut, kami optimis event ini akan terus berkembang," ujarnya.

Tim yang ikut serta, kata dia, tidak hanya diikuti oleh anggota Mapala, Pramuka maupun pemuda saja. Tetapi juga dari kalangan warga dan para pekerja bahkan anak berusia 2 tahun menjadi salah satu peserta yang berhasil melintasi semua tantangan.

Dalam olahraga cinta alam ini tidak hanya dinilai dari kecepatan melintasi trek saja. Tapi juga harus berhasil melalui ketangkasan rintangan rapling, lempar gelang, memanah, ketapel, bambu balogo, gasing, penanaman pohon, engrang dan bakiak hingga garis finish.

Kemudian di sepanjang trek peserta diwajibkan memungut sampah plastik yang ditemui.

"Baik jalur maupun rintangan terus kami perbaharui agar tetap menarik. Sehingga meskipun masih dalam suasana pemilu, peserta yang ikut juga cukup banyak," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Wan Rudi Iskandar mengaku sangat mendukung TBC yang sudah 5 kali dilaksanakan. 

Tidak hanya sekedar event, namun juga sudah menjadi agenda wajib di daerah ini sehingga masuk dalam Kalender Pariwisata Bintan.

"Tiap tahun digelar karena sudah masuk dalam kalender event pariwisata Bintan. Ini juga terus menarik wisatawan lokal untuk datang ke Bintan," sebutnya.

Kedepannya juga ia berharap event seperti ini akan terus bermunculan dan menjadikan Bintan lebih maju pariwisatanya. 

(ary)

SHARE US :

Berita Terkait