11 Model Mobil Esemka Dinyatakan Lolos Uji Tipe

11 Model Mobil Esemka Dinyatakan Lolos Uji Tipe

Puluhan mobil Esemka jenis pikap masih diparkir di halaman PT Esemka Kab. Boyolali. Hingga kini belum diketahui secara pasti kapan PT Esemka akan diresmikan. 2 April 2019. (Foto: TEMPO/Dinda Leo Listy)

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberi sertifkat uji tipe (SUT) untuk 11 tipe mobil Esemka. Mobil pun disebut sudah laik jalan.

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub Caroline Noorida Aryani mengatakan bahaw mobil yang sudah mendapatkan SUT tentu laik jalan.

Ia menegaskan pihaknya tidak akan memberikan SUT jika mobil tidak lulus pengujian. Karena hal tersebut jelas melanggar aturan dilansir tempo.co.

Mobil Esemka jenis pikap terparkir rapi di halaman PT Solo Manufaktur Kreasi, pabrik mobil Esemka, di Boyolali, 2 April 2019. TEMPO/Dinda Leo Listry

"Kalau saya nge-prove pasti sudah laik jalan, kalau nggak layak ya nggak diapprove," ujarnya saat dihubungi Tempo, Selasa 2 April 2019.

Namun Caroline juga menegaskan untuk lebih pastinya terkait mobil Esemka baik peluncurannya ataupun lainnya, ia tidak bisa berkomentar lebih jauh karena memang tugasnya hanyalah menguji mobil tersebut.

"Tapi kalau mau nanya ini benar dari mobil Esemka bukan ranah saya, mungkin Perindustrian yang tahu. Kalau saya kan pengujian. Semua kendaraan yang datang itu dilengkapi dengan surat perintah uji dari pusat apapun bentuknya, itu yang saya uji," tuturnya. "Intinya ke-11 model itu sudah di-approve."

Di hari yang sama, Tempo juga menyambangi pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Di halaman pabrik terlihat puluhan mobil Esemka jenis pikap berwarna putih dan abu-abu terpakir rapi. Tidak ada aktivitas mencolok di pabrik itu. Kecuali beberapa petugas tampak mengecat ulang logo dan papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi. 

"Sampai sekarang belum ada informasi kapan (Pabrik mobil Esemka) akan diresmikan. Jadi ditunggu dulu ya," kata satpam berseragam biru tua itu dengan nada sopan. 

(pkd)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews