Atlet Kano Portugal Lahirkan Bayi Saat Keadaan Koma

Atlet Kano Portugal Lahirkan Bayi Saat Keadaan Koma

Catarina Sequeira, atlet kano yang melahirkan anaknya dalam keadaan koma selama 52 minggu. (Foto: Mirror)

Lisbon - Catarina Sequeira (26), atlet olah raga kano asal Portugal melahirkan seorang bayi, meski dirinya sudah dinyatakan mati otak.

Perempuan ini secara tragis dinyatakan mati otak pada Desember 2018 lalu, akibat serangan asma akut saat dia sedang hamil 19 minggu.

Dilansir Mirror, bayi laki-laki yang diberi nama Salvador itu dilahirkan pada Kamis (28/3/2019) lalu. Kelahiran Salvador tepat pada usia kehamilan 32 minggu, lebih cepat satu hari dikarenakan kondisi Catarina yang terus memburuk.

Sebelum melahirkan, Catarina koma selama 56 hari. Dia bertahan hidup dengan bantuan ventilator, Hal ini dilakukan dokter untuk memungkinkan bayinya bertahan hidup di rahimnya.

Salvador, yang lahir sehat dan sehat dengan berat 3,75 pound, dirawat di rumah sakit Neonatal setidaknya selama tiga minggu ke depan.

Koran Portugis CM Jornal berbicara dengan ayah Salvador, yang menyebut anak itu "bayi ajaib".

"Bayinya baik. Aku memintamu untuk menghormati kebisuanku," kata Bruno Sapolo.

Dalam kasus yang tidak biasa, keputusan dibuat untuk melanjutkan kehamilan Catarina di bawah undang-undang donasi organ Portugal.

Kepala komite etika rumah sakit, Filipe Almeida, mengatakan kepada media Portugal bahwa keputusan untuk menjaga Catarina dan bayinya tetap hidup telah dibuat bersama dengan ayah bayi dan keluarganya.

"Menjadi donor tidak hanya tentang berada dalam posisi untuk menyumbangkan hati atau jantung atau paru-paru, tetapi juga berada dalam posisi untuk memberikan diri Anda sehingga seorang anak dapat hidup. Dan tidak ada yang memiliki hak untuk mengganggu proses keputusan ibu, " katanya pada media setempat, Observador.

Kasus ini terjadi setelah kelahiran bayi Lourenco 2016, yang lahir di Lisbon setelah selamat 15 minggu di rahim ibunya sebelum alat bantuan untuk hidup akhirnya dilepas.

(dod)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews