Film Us: Sebuah Satire yang Mengerikan

Film Us: Sebuah Satire yang Mengerikan

Adegan dalam film Us. (Foto: istimewa)

FILM Us belakangan ini menjadi pujian para pecinta film, terutama pecinta film horror. Salah satunya melalui review di beberapa media massa, film ini terlihat sangat bagus untuk ditonton. 

Dirilis sejak 20 Maret 2019 lalu film ini cukup menjadi perhatian. Tidak hanya dari pencinta film horror tetapi juga semua kalangan, pasalnya Us mendapat penilaian tinggi berbagai kalangan.

Apalagi film ini disutradarai Jordan Peele, komedian yang sukses dengan garapan film pertamanya Get Out 2017 lalu. Film lanjutan Jordan amat ditunggu. Bahkan baru beberapa hari tayang film ini sudah hampir tembus dengan pendapatan Rp 1 trilliun.

Film Us awalnya menceritakan sebuah keluarga Adelaide Wilson (diperankan Lupita Nyong’o) saat kembali ke rumah kecilnya di Santa Cruz bersama sang suami Gabe Wilson (Wiston Duke) serta dua anaknya Zora (Shahadi Wright Joseph) dan Jason (Evan Alex).

Film ini dibuka dengan cerita pada tahun 1986, saat Adelaide kecil pergi ke sebuah taman hiburan bersama orang tuanya. Saa itu ia terjebak disebuah wahana yang membuatnya rauma. Pengalaman itu menghantuinya saat kembali ke rumah bersama keluarganya itu. 

Ketika sampai di Santa Cruz tersebut ketakutan Adelaide terus bermunculan. Ia kembali terbayang kepada masa kecilnya yang menakutkan.

Pada malam hari ke khawatirannya jadi kenyataan. Satu keluarga mendatangi mereka dengan misterius. Yang mengejutkan, empat orang yang datang itu mirip dengan mereka ada Suami, istri dan dua anaknya. 

Disaat itu keluarga yang dikira mereka tetangga itu memaksa keluarga Wilson harus bertahan hidup dari kematian. Dari sana teror mulai di tampilkan Jordan. 

US tidak seperti film horror biasanya yang selalu memberikan ketakukan berasal dari setan atau alam gaib. Tetapi ketakukan itu memang berasal dari diri sendiri.

Pada film ini penonton tidak terlalu banyak berteriak dari adegan yang ditampilkan. Apalagi ketakutan penonton terkuras karena memikirkan alur dan pesan yang ada dalam film. 

Bagi penonton yang hanya mencari ketakutan di sebuah film horror, film ini pasti mengecewakan. Apalagi alur film yang susah dipahami. 

Tidak seperti yang digambarkan kritikus film, kengerian Us tidak akan membuat kita mencekam kursi bioskop kuat kuat. Malahan kita akan memegang kepala untuk berfikir panjang cerita film seperti apa dan membuat kita terus membahasnya. Bahkan kalau bisa ditonton berulang kali.

Aktor Us berhasil memerankan perannya masing-masing. 
Apalagi bermain dengan karakter yang berbeda-beda. 

Yang menarik film horror Us ini, di tengah ketegangan Jordan tetap memasukan percakapan komedi, membuat penonton tertawa. 

Secara keseluruhan film ini layak ditonton. Selain menyaksikan ketegangan, penonton akan terus berpikir bahkan kecewa dengan alur dari cerita film. Ada pesan, ketegangan, komedi, kasih sayang di dalam Us. 

Yogi Eka Sahputra
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews