Dewi Yul Meriahkan Pembukaan STQ Belakangpadang

Dewi Yul Meriahkan Pembukaan STQ Belakangpadang

Dewi Yull memeriahkan pembukaan STQ Kecamatan Belakangpadang, Kamis malam. (Foto: istimewa)

Batam - Artis Ibu Kota, Dewi Yull memeriahkan pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kecamatan Belakangpadang, Kamis (21/3/2019) malam di Dataran Indera Sakti Belakangpadang. 

Pembukaan STQ ini dilakukan oleh Wali Kota Batam, HM Rudi dengan memukul bedug bersama Muspika Kecamatan Belakangpadang. 

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto mengatakan STQ akan berlangsung selama 3 hari, Kamis (21/3/2019) sampai Sabtu (23/3/2019). 

Adapun cabang yang dilombakan pada STQ Kecamatan Belakangpadang terdiri dari cabang Tilawah tingkat anak-anak, Tilawah tingkat remaja, Tilawah tingkat dewasa dan Tartil tingkat anak-anak.

"Total peserta yang ikut berlomba berjumlah 48 orang yang merupakan perwakilan dari Kelurahan Sekanak Raya, Tanjung Sari, Pecung, Pemping, Kasu dan Pulau Terung," ujar Yudi. 

Selain itu juga memperlombakan rebana dan pawai ta'aruf. Diselenggarakannya STQ ini dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an kepada masyarakat. Selain itu juga sebagai ajang seleksi untuk mengikuti STQ tingkat Kota Batam.

"Yang istimewa pada pelaksanaan STQ kali ini, masyarakat akan dihibur dengan penampilan artis legendaris Dewi Yull. Selain sebagai syiar Islam diharapkan tembang kenangan yang akan dibawakan nanti juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Penawar Rindu Pulau Belakang Padang," katanya.

Pembukaan STQ Kecamatan Belakangpadang diawali dengan pawai ta'aruf yang menampilkan penampilan kafilah dari tiap kelurahan. 

Ramainya Dataran Indera Sakti menandakan betapa antusiasnya masyarakat Belakangpadang untuk menyaksikan Pembukaan STQ Kecamatan Belakangpadang. Selain itu masyarakat juga dihibur dengan penampilan zikir Barat dari Pulau Kasu.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan STQ malam hari ini adalah STQ terakhir tingkat kecamatan. Dan rencananya STQ tingkat Kota Batam akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri pada 30 Maret mendatang.

"Sekaligus membagi sertifkat gratis untuk masyarakat Kota Batam sebanyak 20 ribu," tuturnya.

Rudi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Belakangpadang karena telag meramaikan syiar agama ini. Bahkan pawai taruf diikuti peserta terbanyak dibanding pembukaan STQ kecamatan lainnya.

"Saya sudah minta kepada Pak Camat, karena ini penutup, harus lebih ramai. Alhamdulillah pawainya paling ramai," kata Rudi.

Kepada dewan hakim, ia ingatkan kembali agar berbuat adil. Berikan nilai yang bagus untuk peserta sesuai penampilannya.

"Kalau menang, menangkanlah dia. Yang kalah, kalahkan dia. Jangan yang harusnya menang jadi kalah, kalah jadi menang. Masalahnya apa, masalahnya kalau sekarang kita tanamkan sesuatu yang tidak baik, akan terbawa sampai besar," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rudi juga mengundang masyarakat Belakangpadang untuk hadir dalam peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayatsyah di Batuaji, September mendatang. 

"Ustaz Abdul Somad sudah bersedia untuk hadir nanti juga ada salat Jumat perdana di sana," kata dia. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews