Era Digital Mudahkan Musisi Jadi Terkenal

Era Digital Mudahkan Musisi Jadi Terkenal

Ilustrasi.

Batam - Perkembangan teknologi dimaksudkan untuk mempermudah kerja manusia. Tak terkecuali di bidang musik, era digital saat ini banyak membantu para musisi berkarya.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Papprin)  Johnny Maukar menyebut di era digital saat ini, orang bisa menjadi produser musik sendiri dimasukkan dalam media-media digital sendiri.

"Kalau dulu musik Indonesia ditentukan oleh 'Glodok', siapa yang bisa jadi penyanyi dan warna musiknya gimana, namun semua itu sudah berlalu di era digital," kata Johnny dalam peringatan Hari Musik Nasional di Batam, Sabtu (9/10/2019).

Menurut dia, perkembangan teknologi saat ini tak harus membuat musisi daerah harus ke Jakarta untuk rekaman. Imbasnya, musisi daerah pun bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

Apalagi dengan kebebasan berkarya, musik Indonesia saat ini menjadi lebih beragam, banyak ciri khas baru yang hadir dalam dunia musik digital. 

"Kalau dulu kan warna musik diatur, sekarang musisi bisa bebas berkarya, sehingga kualitas musik tentu lebih meningkat," imbuh dia.

Penggunaan media digital jangan sampai sia-sia dan tidak bermanfaat. Di era yang bebas saat ini, harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk menunjukkan karya yang berkualitas

"Gunakanlah media itu untuk menghadirkan karya berkualitas dan enak didengar. Sehingga suatu saat bisa jadi mendunia, apalagi di era digitalkan karya yang kita unggah bisa dilihat oleh seluruh Indonesia bahkan dunia. Apalagi kalau dangdut bisa mendunia. Ini Indonesia punya," tuturnya dengan semangat. 

Sementara, musisi yang juga anggota DPR RI Anang Hermansyah menimpali pendapat Johnny. Menurut dia, musisi di era digital lebih banyak diuntungkan.

Dia menceritakan betapa sulitnya musisi jaman dulu untuk menunjukkan karyanya. 

"Pemusik saat ini enak hidup di digital musik, dulu saya merasakan jaman masuk kaset, vcd, RBT, semuanya ketentuannya berubah-ubah kebijakan pun terus berubah," katanya

Oleh karena itu, adanya kemudahan ini harus dimanfaatkan oleh musisi digital untuk berkarya lebih baik lagi. Dan mengingat idealisme seniman. "Populer itu keharusan dan wajib menjadi idealisme bagi semua musisi," katanya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews