Paket Data Internet di Zimbabwe Termahal Sedunia, 1 GB Dihargai Rp 1 Juta

Paket Data Internet di Zimbabwe Termahal Sedunia, 1 GB Dihargai Rp 1 Juta

Ilustrasi.

Batam - Dunia memasuki era digital. Berselancar di dunia maya, kini menjadi salah satu kebutuhan utama. Tujuannya, memperoleh informasi hingga berbisnis dari genggaman tangan.

Akses ini bisa dinikmati oleh siapapun asal memiliki gawai dan paket data internet. Namun, ternyata tak semua manusia di bumi ini bisa mendapatkan paket data dengan harga yang terjangkau.

Inilah yang dialami oleh netizen di Zimbabwe, sebuah negara di kawasan Afrika bagian selatan. Di negeri itu, warga harus merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan akses internet.

Harga paket data di Zimbabwe paling mahal sedunia, menurut kajian situs pembanding harga cable.co.uk, seperti dilansir BBC. Harga per 1 gigabyte (GB) dibanderol US$75,20 atau Rp1.068.069.

Menurut analis telekomunikasi Dan Howdle, alasan perbedaan besar dalam harga ini di dunia adalah rumit.

"Sejumlah negara memiliki infrastruktur telepon genggam dan broadband tetap yang sangat baik, dan para provider dapat menawarkan data dalam jumlah besar, sehingga menurunkan harga per gigabyte. Yang lainnya dengan jaringan broadband yang tidak semaju itu sangat tergantung pada data telepon genggam dan ekonomi mendikte harga harus rendah, karena di harga itulah orang mampu membayar," kata dia.

"Di posisi termahal dalam daftar, kita melihat negara-negara yang sering kali infrastrukturnya tidak baik, disamping tingkat konsumsi yang sangat rendah. Orang sering kali membeli paket data hanya puluhan megabyte dalam satu kali, sehingga membuat gigabyte menjadi besar dan mahal."

Lalu, bagaimana dengan harga paket data di Indonesia? Jika dibandingkan dengan Zimbabwe, netizen Indonesia patut bersyukur.

Harga paket data satu GB di Indonesia, yang paling murah US$0,13, yang paling mahal US$4,25 dengan rata-rata US$1,21. Kajian dilakukan pada 9 November 2018 dengan membandingkan 60 paket yang ditawarkan para operator.

Harga tersebut menempatkan Indonesia di posisi 17 dari total 230 negara yang disurvei. Termurah, harga paket di data dijual di India seharga US$0,26 atau Rp3.600 per 1 GB.

Tiga negara teratas:

India - US$0,26 atau Rp3.600
Kyrgyzstan - US$0,27 atau Rp3.800
Kazakstan - US$0,49 atau Rp6,900

Tiga negara terbawah:

Zimbabwe - US$75,20 atau Rp1 juta
Equatorial Guinea - US$65,83 atau Rp934 ribu
Saint Helena - US$55,47 atau Rp787 ribu

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews