Ini Penyebab dan Cara Mudah Atasi Sembelit

Ini Penyebab dan Cara Mudah Atasi Sembelit

Ilustrasi.

Batam - Sembelit merupakan keluhan kesehatan yang bisa dialami oleh semua usia. Mulai dari bayi, anak-anak, dewasa, hingga manula.

Sembelit memiliki nama medis Konstipasi. Suatu keadaan dimana seseorang memiliki frekuensi buang air besar dalam satu minggu kurang dari 3 kali.

Welki Varnando, dokter di Rumah Sakit Awal Bros Batam menjelaskan gejala umum yang dirasakan oleh pasien kondisi sembelit adalah timbulnya gejala pada saluran cerna. 

Dimulai dari frekuensi BAB berkurang, perut akan tidak nyaman dan buang air besar terasa keras, setelahnya masih terasa tidak nyaman. 

Penyebabnya mulai dari yang sederhana sampai dianggap serius. Penyebab yang umum dialami adalah kurangnya asupan serat, cairan fiber dan buah-buahan.

"Biasanya ketika mengalami sembelit, penderita, akan langsung mencari obat pencahar untuk mengatasi keluhan tersebut. Padahal sebelum menggunakan obat pencahar bisa melakukan terapi yang lebih natural," kata dia, belum lama ini. 

Diet tinggi serat bisa menjadi salah satu solusi pengobatan sembelit. Diet tinggi serat adalah mengganti jenis makanan yang tinggi serat, atau menambah porsi makanan tinggi serat setiap harinya. 

"Misalnya konsumsi pepaya karena buah ini mempunyai kandungan tinggi sehingga membantu buang air besar lebih cepat. Jika masih tidak lancar bisa menggunakan obat pencahar satu kali penggunaan," katanya

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki segudang manfaat. Selain untuk membantu melancarkan pencernaan, serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. 

"Kalau porsi makanan kita kurang serat yang tidak suka sayur buah yang hanya makan protein saja dan angka kecukupan gizi kita dalam satu porsi makanan tidak sesuai bisa terjadi sembelit jadi serat itu bermanfaat untuk pencernaan. Membuat air besar lancar dan nyaman pastinya," ujarnya. 

Ketika seseorang mengalami sembelit, normalnya setelah melakukan pola hidup sehat yakni memenuhi serat dan sudah minum obat pencahar keluhannya akan hilang dan normal. 
Namun setelah mencoba diet tinggi serat dan meminum obat namun tetap juga sembelit dan perubahan bab nya sudah berjalan 3 bulan berarti dikatakan penyebab serius. 

Kemungkinan yang sering terjadi adalah adanya kotoran pada saluran cerna, Namun ada kemungkinan lainnya yang bisa terjadi seperti tumor pada pencernaan. Jika hal ini terjadi, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab masalahanya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews