Babinsa dan Warga Moro Gali Sumur Umum Antisipasi Krisis Air

Babinsa dan Warga Moro Gali Sumur Umum Antisipasi Krisis Air

Gotong royong warga dan Babinsa 01 Moro menggali sumur di Kampung Sidodadi. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Kekeringan mulai dirasakan di wilayah Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Bersama dengan warga, Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat menggali sumur di Kampung Sidodadi untuk mengantisipasi krisis air.

Penggalian sumur tersebut untuk menambah air bersih yang akan digunakan oleh masyarakat. Sumur tersebut merupakan sumur umum yang digunakan oleh masyarakat sekitar.

Penggalian sumur atau pendalaman sumur itu merupakan inisiatif dari Babinsa Sertu M Amim. Dia mengajak masyarakat untuk melakukan penggalian sumur umum itu.

"Kemarin Pak Babinsanya memang menyarankan ke kami untuk diadakan sumur umum. Kita sangat mengapresiasi iniatif Pak Babinsa ini dan kita dukung," kata Camat Moro, Ratna.

Warga Kampung Sidodadi selema ini hanya mengandalkan air bersih dari hujan. Namun, beberapa waktu belakangan, intensitas hujan berkurang untuk wilayah Karimun.

"Warga kerap mengeluhkan air bersih, dan selama ini mengandalkan air hujan saja untuk keperluan air bersih. Memang ada danau di sini, tapi tidak mampu mencukupi kebutuhan air bersih," katanya.

Baca: Musim Kering Momok Warga Karimun yang Belum Terlayani PDAM

Dengan adanya sumur umun tersebut, sangat membantu masyarakat. Nanti, hal serupa juga akan dilakukan di beberapa wilayah lainnya di kecamatan tersebut.

"Sangat banyak manfaatnya. Kedepan kita akan lakukan hal yang sama di daerah-daerah yang mengalami hal serupa," katanya.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews