Pertama di Kepri, BNI Sediakan ATM Nontunai di Kapal Antarpulau

Pertama di Kepri, BNI Sediakan ATM Nontunai di Kapal Antarpulau

Kepala Cabang BNI Karimun Irwansyah (tengah) saat pengenalan agen 46 terapung di Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Transaksi nasabah perbankan kini semakin mudah. Tak hanya secara konvensional di bank, namun juga bisa dilakukan di atas kapal.

Kemudahan ini dirintis oleh Bank Negara Indonesia (BNI) 1946 cabang Tanjungbalai Karimun dengan menyediakan ATM terapung. 

Agen BNI 46 itu ditempatkan di atas kapal penumpang antarpulau dan pertama kali ada di Kepulauan Riau.

Adanya layanan Agen BNI 46 yang ke-174 terapung guna mendukung layanan perbankan. Serta mendukung program otoritas jasa keuangan dalam hal peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

ATM terapung ini tidak menggunakan mesin ATM konvensional. Melainkan, menyediakan seorang petugas atau kru di atas kapal untuk melayani transaksi keuangan melalui mesin adisi atau merchant.

Peluncuran perdana ATM BNI nontunai di kapal penumpang itu dilakukan oleh Kepala Cabang BNI Karimun, Irwansyah, Jumat (1/3/2019). Mereka bekerja sama dengan moda transportasi SB. Terra Joan Grup.

"Daya tampung kapal penumpang yang cukup tinggi saat mengangkut masyarakat dari satu pulau ke pulau lain menjadi salah satu pertimbangan kami untuk melebarkan jangkauan layanan perbankan pada masyarakat di daerah kepulauan," ujar Irwansyah.

Terra Joan Grup tersebut memiliki rute yang cukup padat. Berangkat dari Pelabuhan Sri Gelam (KPK) dengan tujuan Pulau Buru, Durai, Sei Guntung dan pulau lainnya.

"Kita melihat letak kondisi geografis Indonesia, terutama di Karimun yang terdiri dari pulau-pulau, yang mana sarana transportasi angkutan laut sangat diperlukan," ujarnya.

Terra Joan Group merupakan agen transportasi laut yang sedang berkembang pesat yang memilik rute antarpulau terbanyak di Kabupaten Karimun.

Dengan kedekatan para nakhoda dan penumpang menjadikan percepatan literasi keuangan kepada masyarakat kepulauan akan menjadi jauh lebih efektif.

"Semoga dapat mempermudah masyarakat di kepulauan dalam melakukan transaksi di perbankan. Masyarakat di sekitar pulau yang disinggahi oleh kapal bisa bertransaksi keuangan," katanya.

(aha)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews