Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Karimun Diajari Bikin Laporan dan Hadapi MEA

Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Karimun Diajari Bikin Laporan dan Hadapi MEA

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Sejumlah pelaku Usah Kecil dan Usaha Kecil Menengah di Karimun mendapat pelatihan manajemen keuangan selama tiga hari di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun. 

Pelatihan digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (UKM, Perindag) Kabupaten Karimun, Senin 8 Juni 2015.

"Karimun berdekatan dengan negara luar, kita perlu mempersiapkan pelaku usaha kecil dan menengah menghadapi era globalisasi nanti," ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindag Karimun, HM Hasbi.

Selain itu untuk meningkatkan kualitas koperasi dan UKM. "Serta terwujudnya sektor industri dan perdagangan yang terpadu sebagai penggerak perekonomian daerah. Selain itu harus bisa menyusun perencanaan kegiatan tahunan,' kata dia. 

Dalam kegiatan tersebut para peserta diajari menyusun buget, mengelola keuangan, perpajakan dan laporan kinerja selama satu tahun secara sistematis. Sehingga, target usaha yang dikelola mudah tercapai dan dapat meminimalisir kerugian dalam satu tahun.

Nadra, ketua panitia yang kepala bidang koperasi dan UKM, Diskop, UKM, Perindag Karimun mengatakan, 40 peserta yang mengikuti pelatihan dari pelaku usaha KUKM yang berasal dari 12 kecamatan se kabupaten Karimun. 

Dengan materi yang diberikan oleh narasumber diantaranya, budgeting dan administrasi keuangan, perpajakan. Kemudian cara penyusunan anggaran, cara penyusunan laporan kinerja dan cara penulisan proposal kerjasama Pemerintah dan swasta.

Sedangkan, narasumber yang memberikan materi diantaranya, Kadiskop, UKM, Perindag Karimun HM Hasbi, Widyaiswara Kementerian Koperasi dan UKM RI, Sri Sayektining Rahayu dan Widyaiswara  Diskop dan UKM Provinsi Riau, H Yusnalis.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews