Revitalisasi Pasar Teluk Uma Kelar, Pedagang Mulai Berbenah

Revitalisasi Pasar Teluk Uma Kelar, Pedagang Mulai Berbenah

Pasar Teluk Uma, Karimun yang telah selesai proses revitalisasinya. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Revitalisasi pasar rakyat Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Karimun, telah selesai. Sebagian pedagang yang menyewa kios telah berbenah.

Diketahui, revitalisasi Pasar Teluk Uma itu berasal dari APBD Provinsi Kepri, dengan anggaran sekitar Rp 3,1 miliar. 

Saat ini, aktivitas di pasar rakyat tersebut baru sebatas membenahi kios. Pasar Teluk Uma itu juga belum diresmikan oleh pemerintah.

"Sudah selesai. Memang belum diresmikan tapi pedagang sudah mulai masuk," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli, Kamis (21/2/2019).

Sebelumnya Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, saat meninjau pasar itu menyebutkan kalau sebanyak 26 kios baru dibangun di dua lantai.

Lantai dasar bangunan pasar baru tersebut akan diisi oleh pedagang lama. Lalu, untuk kios di lantai atas diperuntukan bagi para pedagang baru.

Selain itu, pedagang yang menjual komoditi perlengkapan dapur akan mendapat tempat dibagian belakang.

"Yang bangunan baru ini buat pedagang kering saja. Pedagang basah (komoditi dapur) tetap di pasar belakang," kata dia.

Yosli juga menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Karimun juga akan melakukan revitalisasi pasar di tahun ini.

Pasar Sri Karimun yang berada di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Kota, akan mendapatkan pembenahan bagian pondasinya dan juga Pasar Sawang di Kecamatan Kundur Barat.

"Untuk Sri Karimun revitalisasinya terutama pondasi karena berada di laut. Untuk pasar yang besar kita harapkan DAK dari pusat," ujarnya.

Yosli berharap dengan adanya pasar-pasar yang representatif di Karimun, maka perekonomian kerakyatan juga dapat meningkat 

"Mudah-mudahan kita bisa meningkatan ekonomi kerakyatan dan ekonomi masyarakat. Kita minta pasar itu sebagai tempat perputaran perekonomian. Untuk pengelolanya nanti Perusda Karimun," kata Yosli.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews