Dua Hektare Lahan di Jalur Lintas Barat Bintan Ludes Terbakar

Dua Hektare Lahan di Jalur Lintas Barat Bintan Ludes Terbakar

Petugas Damkar Bintan memadamkan api yang melahap lahan kosong. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Lahan seluas 2 hektare di Jalur Lintas Barat tepatnya di Kampung Pulau Ladi, Kecamatan Teluk Bintan ludes terbakar, Kamis (7/2/2019) siang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Toapaya, Nurwendi mengatakan siang tadi pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran lahan dari warga setempat. 

"Dapat laporan kami langsung turunkan mobil damkar bersama dua personel ke lokasi kejadian," ujar Nurwendi. 

Sesampainya di lokasi, dia bersama dua personelnya langsung menyemprot kobaran api tersebut. Sejam kemudian kobaran api yang menghanguskan lahan itu berhasil dipadamkan.

Hingga tugasnya memadamkan api usai, dia belum mengetahui secara pasti asal usul api tersebut. Namun sepengetahuan dia ada 2 faktor penyebab kebakaran lahan itu terjadi.

Dia menyebut faktor alam atau cuaca yang panas serta faktor kesengajaan yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab untuk membuka perkebunan atau lainnya.

"Lahan yang terbakar ini milik orang. Namun kami belum tau siapa pemilknya. Kemungkinan ada indikasi kebakaran ini terjadi karena faktor kesengajaan," jelasnya.

Kasus ini akan segera dia laporkan ke pihak berwajib. Sehingga dapat diketahui secara pastinya penyebab kebakaran lahan tersebut. 

"Kami mengimbau kepada seluruh warga Bintan tidak membakar sampah atau lahan secara sengaja. Sebab saat ini cuaca panas dan angin kencang sehingga api lebih cepat menjalar," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews