Saat Jokowi Bicara Keluarga yang Wajar-wajar Saja

Saat Jokowi Bicara Keluarga yang Wajar-wajar Saja

Foto Jokowi bersama keluarganya. (Foto: dr Tompi/Instagram @Jokowi)

Jakarta - Presiden sekaligus calon presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai keluarganya yang wajar-wajar saja. Jokowi mengatakan, adalah wajar apabila dirinya dekat dengan keluarga.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menanggapi cucunya, Jan Ethes, yang disoal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. BPN mempersoalkan Ketua Tim Cakra 19, Andi Widjajanto. Pasalnya, Andi menyebut Ethes sebagai salah satu keunggulan Jokowi di Pilpres 2019.

Jokowi mempertanyakan polemik tersebut dan balik bertanya, apakah tidak boleh ia menemani Ethes bermain bom-bom car hingga jalan-jalan ke mal. Apalagi, Jokowi juga sesekali membagikan kebersamaannya bersama keluarga di media sosialnya.

 

Jokowi mengajak Ethes main bom-bom car. (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Setpres)

"Bagaimana? Itu cucu saya. Jan Ethes itu cucu saya. Ya kan? Nggak boleh saya ajak main Bom-bom Car? Nggak boleh saya ajak antar ke toko? Nggak boleh saya ajak jalan-jalan ke Kebun Raya? Nggak boleh kita sekeluarga bareng diminta media TV untuk diwawancara? Nggaklah," kata Jokowi seusai acara panen udang di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019).

Jokowi merasa melakukan hal yang normal sebagaimana keluarga lainnya. Jokowi menepis apabila kebersamannya bersama keluarga, khususnya Ethes, dikaitkan dengan kampanye.


"Saya kira normal-normal saja seperti keluarga-keluarga yang lain. Masa nggak boleh. Masa kayak gitu dibilang kampanye. Kampanye yang mana? Kan nggak pernah saya ajak teriak-teriak di forum kampanye," kata Jokowi.

Serupa dengan Jokowi, Andi menjelaskan jagoannya tidak pernah melibatkan Ethes dalam kegiatan berbau Pilpres. Andi kembali menjelaskan maksud pernyataannya soal Jan Ethes sebagai salah satu keunggulan Jokowi dibanding sang rival. Kedekatan Jokowi dan Jan Ethes-lah yang menjadi senjata sang petahana hingga unggul dalam pertarungan di media sosial selama ini.

"Kehadiran Jan Ethes memang memunculkan perbedaan yang mencolok antara keluarga Jokowi yang harmonis dan keluarga Prabowo," terang Andi kepada detikcom, Rabu (30/1/2019).

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews