Sosok Kabareskrim Polri yang Baru Irjen Idham Azis

Sosok Kabareskrim Polri yang Baru Irjen Idham Azis

Irjen Idham Azis (Foto: Ist)

Jakarta - Kabareskrim Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto diganti. Penggantinya Irjen Idham Azis, Kapolda Metro Jaya. Ada sejumlah perwira tinggi lainnya yang diganti berdasarkan ST/188/Kep/2019. Termasuk Kabaintelkam Komjen Lutfi Lubihanto yang menunggu pensiun. 

Lutfi diganti oleh Kalemdiklat Komjen Unggung Cahyono. Posisi Unggung lantas diisi oleh Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto. Arief baru duduk sebagai Kabareskim sejak lima bulan lalu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang naik sebagai Kabareskrim diganti Asrena Polri Irjen Gatot Eddy Pramono.

Wairwasum Irjen Agung Sabar Santoso menjadi Asrena. Posisi Agung diganti Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono. Irjen Hamidin yang merupakan Pati di Densus 88 di BNPT jadi Kapolda Sulsel.

Selain itu, Dankor Brimob Irjen Rudy Sufahriadi diangkat menjadi Asops Polri. Dia digantikan Irjen Ilham Salahudin.

Kapolda Bengkulu Brigjen Coki Manurung juga digeser sebagai widyaiswara Sespim Polri. Dia digantikan Brigjen Supratman.

Brigjen Suroto yang saat ini jadi Karo Psikologi SSDM Polri, ditunjuk menjadi Kapolda Maluku Utara menggantikan Brigjen Naufal Yahya.

Sosok Irjen Idham Azis

Idham Aziz menjabat Kapolda Metro Jaya sejak 2017. Dia menggantikan Komjen Iriawan kala itu.

Irjen Idham rupanya tercatat beberapa kali berkarier di dunia reserse kepolisian. Kapolri Jenderal Tito Karnavian pernah mengungkap karier Idham Aziz yang berkaitan dengan dunia reserse.

"Pernah di Metro Jaya, di reserse. Saya katakan kawakan. Karena dulu pernah di reserse umum, pernah jadi wakil saya juga waktu saya sebagai kasat reserse. Dia wakasat-nya," kata Tito setelah memimpin upacara serah-terima jabatan Kapolda Metro Jaya di Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2017).

Jabatan lain yang pernah diemban Idham di wilayah Polda Metro Jaya adalah Kapolres Jakarta Barat pada 2008 dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 2009. Idham Aziz juga pernah menjadi Wakil Kepala Densus 88 Antiteror pada 2010. Sebelumnya, pada 2005, dia juga pernah menjabat Kepala Unit Pemeriksaan Sub-Detasemen Investigasi Densus/Anti-Teror.

Pada 2013, Idham Aziz pernah menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Tahun berikutnya, dia menjadi Kapolda Sulawesi Tengah.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews