Kendaraan Keluaran Terbaru Lebih Baik Pakai BBM RON Tinggi

Kendaraan Keluaran Terbaru Lebih Baik Pakai BBM RON Tinggi

Pengguna kendaraan bermotor mengantre BBM non-subsidi di SPBU Batam. (Foto: Johannes Saragih/batamnews)

Batam - Masyarakat pengguna kendaraan keluaran terbaru disarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) beroktan (RON) tinggi. Spesifikasi mesin kendaraan terbaru mengisyaratkan hal ini.

Sales Executive BBM Regional I PT Pertamina, Arwin Nugraha mengatakan rata-rata pabrikan merekomendasikan kendaraan terbaru produksi mereka menggunakan BBM dengan RON minimal 92.

“Sebenarnya secara teknologi, pemilik kendaraan baru sudah tidak cocok menggunakan RON 88. Itu bisa dicek di buku manual kendaraan,” kata Arwin, Selasa (22/1/2019).

Kadar oktan yang dibutuhkan kendaraan setiap tahunnya berbeda. Hal ini dimbangi dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang pada kendaraan setiap tahunnya. 

“Untuk mobil baru, rata-rata ada tuh di sticker kaca belakang, untuk direkomendasikan menggunakan minimal RON 92,” katanya. 

Lanjutnya Arwin mengatakan penggunaan RON 92 ini tidak hanya baik digunakan untuk mobil keluaran terbaru tetapi juga untuk motor matic. 

“Motor matic juga disarankan RON 92 agar tarikannya lebih bagus,” imbuhnya. 

Untuk dampak dari penggunaan bahan bakar dengan RON rendah, menurut Arwin akan berpengaruh kepada mesin kendaraan. 

“Kalau oktan yang dipakai tidak sesuai, maka akan terjadi knocking di dalam mesin yang langsung terasa adalah tarikan mesin kurang maksimal. Yang parahnya jika knocking berlanjut akan mengakibatkan kerusakan piston,” tuturnya.

Selain itu pengguna BBM dengan RON tinggi juga lebih hemat untuk kendaraan, serta akan membuat mesin menjadi awet.

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews