Mulai Hari Ini, Tiket Kapal Pelni untuk Mudik 2015 Resmi Dijual

Mulai Hari Ini, Tiket Kapal Pelni untuk Mudik 2015 Resmi Dijual

Kapal Sinabung. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) hari ini Selasa (2/6/2015) resmi menjual tiket untuk mudik tahun ini.

"Penjualan tiket kapal Pelni untuk masa angkutan lebaran dimulai H-45 sebelum lebaran, besok," kata Dirut PT PELNI Sulistyo Wimbo Hardjito dalam keterangan persnya, Senin (1/6/2015).

Ia mengatakan tiket yang mulai dijual besok untuk keberangkatan 2 Juli hingga 2 Agustus mendatang. Ia memperkirakan tahun ini akan terjadi lonjakan penumpang 2 persen dibanding tahun lalu.

Meski memperkirakan ada lonjakan penumpang, PT Pelni akan membatasi jumlah penumpang tahun ini. Hal ini guna menghindari kelebihan penumpang yang terjadi di tahun sebelumnya.

Selain itu, PT Pelni juga akan menggunakan gelang berwarna sebagai penanda tujuan. Hal ini karena banyak penumpang yang berbuat curang dengan membayar harga tiket terendah namun ternyata berlabuh di pelabuhan terjauh.

"Untuk menyiasati penyimpangan/pencurian trayek Pelni memberlakukan gelang berwarna untuk menandai tujuan penumpang. Di pelabuhan tujuan para ABK akan mengumumkan dan mengecek setiap deck untuk mengingatkan serta menurunkan penumpang sesuai tujuan,” terang Sulistyo.

Tahun ini PT Pelni akan mengerahkan 26 armada kapal dengan rincian 12 kapal tipe 2000, 9 kapal tipe 1000, 3 kapal tipe 500 dan 2 kapal tipe ropax. Pengangkutan kendaraan seperti mobil motor, alat berat maupun kontainer juga tetap akan dilayani dengan menggunakan kapal KM. Dobonsolo, Ciremai dan KM. Egon.

Diperkirakan akan ada tambahan 5.000 tempat tidur seiring dengan penerapan single class sejak Januari lalu. Selain KM Kelud, Tidar dan Tatamailau, telah dilakukan perombakan kelas sehingga kapasitas tempat tidur justru bertambah banyak.

(ind/dtc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews