TNI AU Belum Izinkan Pesawat Ethiopian Airlines Tinggalkan Batam

TNI AU Belum Izinkan Pesawat Ethiopian Airlines Tinggalkan Batam

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Kolonel (Pnb) Elistar Silaen. (Foto: Kokorimba/Batamnews)

Batam - Pesawat kargo milik Ethiopian Airlines jenis Boeing B 777 yang dicegat TNI AU di wilayah udara Batam hingga saat ini masih berada di Bandara Hang Nadim. Pesawat ini dipaksa turun oleh TNI AU setelah terindikasi tak memiliki flight clearence atau izin terbang di wilayah udara Indonesia 

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Kolonel (Pnb) Elistar Silaen menegaskan, hingga saat ini pihaknya masih belum memberikan izin untuk meninggalkan Hang Nadim. Begitu juga terhadap para awak maskapai Ethiopian Airlines dengan nomor register ET-AVN itu.

Pemeriksaan saat ini masih dilakukan. Saat menghadiri kunjungan kerja para menteri kabinet di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (15/1/2019), Elistar menjelaskan jika penindakan tersebut adalah bentuk ketegasan TNI AU dalam menjaga wilayah udara Indonesia.

"Setiap pesawat yang memasuki wilayah udara kita wajib memiliki izin. Saat ini penyelidikan masih berlangsung di Bandara Hang Nadim Batam," terang Elistar.

Sebelumnya, pesawat asal Ethiopia ini berangkat dari Addis Ababa, ibu kota Ethiopia dengan tujuan Hongkong.

Mendapati adanya maskapai asing yang melanggar wilayah udara Indonesia tanpa izin, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) segera memerintahkan dua pesawat tempur F-16 dari Skardon Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk melakukan identifikasi visual dan penyergapan.

Maskapai Ethiopian Airlines ini dipaksa (force down) mendaratkan pesawatnya di Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan. 

Pihak maskapai mengklarifikasi jika penerbangan itu dalam keadaan mendadak membawa mesin pesawat. Langkah untuk melintasi wilayah udara Indonesia menurut mereka sudah mempertimbangkan aturan penerbangan.

(jim)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews