Kemenpar Beri Target Kepri Datangkan 4 Juta Wisman Tahun Ini

Kemenpar Beri Target Kepri Datangkan 4 Juta Wisman Tahun Ini

Wisatawan mancanegara saat tiba di Terminal Ferry BBT Lagoi. (Foto: Ari/batamnews)

Tanjungpinang - Dinas Pariwisata Kepri menargetkan kunjungan wisman di tahun 2019 sebanyak 4 juta orang. Angka yang akan menjadi 20 persen penyumbang wisman dari target nasional.

Kadispar Kepri, Buralimar mengatakan, target tersebut barasal dari Kementerian Pariwisata RI langsung.  "Tetapi di RPJM kita masih 2,3 juta," kata Bur kepada Batamnews.co.id, usai melaksanakan apel pagi di Kantor Gubenur Kepri, Senin (14/1/2018).

Menurutnya target yang diberikan kementerian memang besar. Namun hal itu menjadi motivasi Dispar Kepri untuk bekerja keras.

"Berat memang, tetapi itu akan kita coba usahakan. Salah satunya dengan selalu berkoordinasi dengan stakeholder lainnya baik pemerintah maupun swasta," katanya.

Tahun lalu angka kunjungan wisman melebihi target. "Target 2,5 kemungkinan sampai 2,6 juta wisman. Data terakhir November hingga 2,3 juta," paparnya.

Angka itu belum termasuk kunjungan wisawatan Desember. "Kita perkirakan total sampai Desember 2018 bisa mencapai angka 2,6 juta," kata Dia.

Jika Desember angka kunjungan mencapai 300 ribu orang, itu menjadi pencapaian tertinggi tahun 2018 setiap bulannya. "Biasanya per bulan di bawah 300 ribu, tetapi akhir tahun (Desember) memang naik biasanya," kata Dia.

Sepanjang tahun diperkirakan angka kunjungan wisman naik sekitar angka 200 ribu wisman. "Setiap tahun kita perkirakan naik 200 ribu. Tetapi tahun ini harus ditingkatkan lagi," kata Dia.

Setidaknya menurut Buralimar, tahun 2019 tercapai 3 juta wisatawan.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews