Sunil Chhetri, Striker India yang Cetak Lebih Banyak Gol Dibanding Messi

Sunil Chhetri, Striker India yang Cetak Lebih Banyak Gol Dibanding Messi

Foto: Istimewa

Jakarta - Pemain sepak bola India Sunil Chhetri mencatat rekor gol di Piala Asia dengan menyarangkan bola lebih banyak dari Lionel Messi dalam pertandingan internasional.

Namun siapa dia?

Saat India mengalahkan Thailand dalam pertandingan pembuka Piala Asia di Uni Emirat Arab, kemenangan pertama dalam turnamen itu dalam 55 tahun, satu pemain yang bertugas sebagai penyerang adalah Sunil Chhetri.

Dua gol striker India ini membuatnya mencetak 67 gol dalam pertandingan internasional, di tempat kedua setelah Cristiano Ronaldo yang menyarangkan 85 gol.

'Kapten fantastis'

Prestasi di Piala Asia yang berlangsung dari 5 Januari sampai 1 Februari ini juga membuat pemain berusia 34 tahun ini di posisi ke-20 dalam daftar keseluruhan pencetak gol terbanyak. Dia tak hanya unggul dari Messi namun juga Didier Drogba.

Sunil hanya selisih lima gol lebih sedikit dibandingkan pemain Brasil Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic.

Chhetri, yang bermain untuk klub sepak bola Klub Sepak Bola Bengaluru, punya julukan "Kapten Fantastis' dan selalu menjadi bintang di tim nasional India.

Gol internasional pertamanya pada 2005 merupakan momen bersejarah karena menjadi gol pertama dalam pertandingan bola antara India dan Pakistan.

Kedua negara belum pernah bertanding sampai pada 2005 dan pertandingan berakhir dengan 1-1.

Chhetri juga berperanan dalam prestasi terbaik India, pada turnamen Piala AFC Challenge pada 2009, dengan mencetak empat gol.

Secara keseluruhan ia telah turun dalam 105 pertandingan internasional, dengan rata-rata 0,63 gol per pertandingan.

Ia pernah bermain untuk tim bola di Amerika Serikat, MLS dengan turun sebagai pemain pengganti untuk Kansas City Wizards dan tim cadangan Sporting Lisbon. Namun dia tak mencatat prestasi di dua tim itu.

Kemenangan 4-1 India membuat negara ini berada di tempat teratas grup yang juga mencakup Bahrain dan tuan rumah, Uni Emirat Arab.

Chhetri merupakan salah satu dari bintang sepak bola India, negara yang kurang berprestasi dalam sepak bola.

India sempat masuk Piala Dunia pada 1950 namun menarik diri karena para pejabat memutuskan turnamen itu tak penting.

Kurangnya antusiasme di lapangan juga tercermin dari segi penonton.

Saat India menjadi tuan rumah Piala Intercontinental pada 2018, sangat sedikit yang nonton kemenangan 5-0 melawan Taiwan. Chhetri mencetak tiga gol dan mengunggah di Twitter agar para pendukung datang.

Video ini menjadi viral di India setelah diretweet oleh bintang kriket Sachin Tendulkar dan Virat Kohli, dan mendatangkan jauh lebih banyak penonton pada dua pertandingan terakhir.

(pkd)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews